Pengertian Metamorfosis

Metamorfosis adalah serangkaian perubahan di mana suatu organisme masuk berkembang dari tahap dewasa awal untuk orang dewasa. Kebanyakan orang yang akrab dengan proses, misalnya, di mana kupu-kupu atau ngengat muncul dari kepompong (kepompong) dalam bentuk dewasa atau kodok atau katak melewati tahap kecebong nya.

Metamorfosis mungkin paling dikenal di kalangan serangga dan amfibi (organisme seperti katak, kodok, dan salamander yang bisa hidup baik di darat maupun di air).

Namun, proses metamorfosis telah diamati dalam setidaknya 17 filum (divisi utama dari hewan), termasuk Porifera (spons), Cnidaria (ubur-ubur dan lain-lain), Platyhelminthes (cacing pipih), Mollusca (moluska), Annelida (cacing tersegmentasi), Arthropoda (serangga dan lain-lain), Echinodermata (landak laut dan lain-lain), dan Chordata (vertebrata dan lain-lain).

Selain itu, meskipun metamorfosis istilah umumnya tidak diterapkan pada tanaman, banyak tanaman yang memiliki siklus yang disebut hidup perkembangan silih bergantinya generasi-yang juga ditandai dengan perubahan dramatis dalam pola tubuh secara keseluruhan.

Bentuk metamorfosis

Metamorfosis pada suatu organisme umumnya tergolong lengkap atau tidak lengkap. Metamorfosis lengkap melibatkan empat tahap: telur, larva, pupa, dan dewasa. Pertimbangkan urutan tahap ini dalam serangga.

Setelah telur dibuahi diletakkan, larva seperti cacing menetas. Larva mungkin terlihat seperti tahap belatung dari lalat atau tahap ulat kupu-kupu atau ngengat. Hal ini dapat hidup sendiri dan mengamankan makanan sendiri dari lingkungan sekitar.

Setelah jangka waktu tertentu, larva membangun sendiri beberapa jenis shell pelindung seperti kepompong. Serangga dalam shell, yang sekarang dikenal sebagai pupa, berada dalam tahap istirahat.

Perlahan-lahan mengalami perubahan yang cukup dramatis dalam struktur tubuh dan penampilan. Energi yang dibutuhkan untuk perubahan ini berasal dari makanan yang dimakan dan disimpan selama tahap larva.

Ketika proses reorganisasi tubuh telah selesai, istirahat pupa dari cangkangnya dan muncul dalam bentuk dewasa matang, juga disebut imago.[

 

Pengertian Metamorfosis

Bagian-bagian untuk Tahu

Pergantian generasi: Sebuah fitur umum dari siklus hidup banyak tanaman, yang ditandai dengan terjadinya bentuk reproduksi yang berbeda yang sering memiliki pola tubuh yang sangat berbeda secara keseluruhan.

Imago: bentuk dewasa dari serangga yang berkembang dari larva dan sering memiliki sayap.

Larva: Bentuk belum menghasilkan (seperti cacing pada serangga, fishlike di amfibi) dari hewan metamorf yang berkembang dari embrio dan sangat berbeda dari orang dewasa.

Molting: Shedding lapisan luar dari binatang, seperti yang terjadi selama pertumbuhan larva serangga.

Pupa: Sebuah panggung dalam metamorfosis serangga selama jaringan yang benar-benar ditata ulang untuk mengambil bentuk dewasa mereka.

 

Pengertian Metamorfosis

Metamorfosis tidak sempurna hanya melibatkan tiga tahap, yang dikenal sebagai telur, nimfa, dan dewasa. Ketika telur yang telah dibuahi dari menetas serangga, misalnya, organisme muncul yang terlihat seperti orang dewasa, tetapi lebih kecil dalam ukuran.

Dalam banyak kasus, serangga bersayap belum mengembangkan sayap mereka, dan mereka masih belum matang secara seksual. Dalam bentuk ini, serangga ini dikenal sebagai nimfa.

Akhirnya, nimfa mencapai tahap kedewasaan di mana ia kehilangan kulit luar (itu molts) dan mengambil penampilan dewasa. Tahap-tahap ini dapat dilihat pada belalang, misalnya, yang menetas dari telur sebagai nimfa dan kemudian melewati serangkaian moltings sebelum menjadi orang dewasa yang matang.

Leave a Comment