Pengertian Akar Dan Bagian-Bagian Akar

Sebuah pengetahuan mendalam tentang sistem akar tanaman sangat penting jika pertumbuhan, pembungaan, dan tanggapan berbuah mereka harus dipahami. Struktur dan pertumbuhan kebiasaan akar memiliki efek diucapkan pada ukuran dan kekuatan dari tanaman, metode propagasi, adaptasi terhadap jenis tanah tertentu, dan respon terhadap praktek-praktek budaya dan irigasi.

Akar tanaman sayuran tertentu penting sebagai makanan. Akar biasanya berasal dari bagian bawah tanaman atau memotong. Mereka memiliki topi root, tidak memiliki node dan tidak pernah menanggung daun atau bunga secara langsung. Fungsi utama dari akar untuk menyerap nutrisi dan kelembaban, untuk jangkar tanaman di dalam tanah, untuk memberikan dukungan fisik untuk batang, dan untuk melayani sebagai organ penyimpanan makanan. Dalam beberapa tanaman mereka dapat digunakan sebagai sarana propagasi.

Jenis Akar

Table of Contents

Sebuah primer (radikula) akar berasal di ujung bawah dari cikal bakal tanaman bibit. Sebuah akar tunggang terbentuk ketika akar primer terus memanjang ke bawah. Hal ini membuat mereka sulit untuk transplantasi dan memerlukan penanaman hanya di dalam, baik dikeringkan tanah. The akar tunggang wortel, ubi, dan salsify adalah bagian yang dapat dimakan utama dari tanaman ini.

Akar berserat Rumput

Sebuah lateral, atau sekunder akar adalah sisi atau cabang akar yang muncul dari akar lain. Sebuah sistem akar serabut adalah satu di mana akar primer berhenti memanjang, yang mengarah ke pengembangan berbagai akar lateral.

Ini kemudian cabang berulang kali dan membentuk sistem akar makan tanaman. Sebuah akar serabut adalah salah satu yang masih kecil dengan diameter karena kurangnya aktivitas cambial signifikan.

Salah satu faktor yang menyebabkan semak dan pohon kerdil tetap lebih kecil dari pohon standar tingkat aktivitas yang lebih rendah dari jaringan kambium yang menghasilkan sistem akar yang lebih kecil.

Jika tanaman yang biasanya mengembangkan akar tunggang yang sangat melemahkan sehingga akar tunggang yang terputus awal kehidupan tanaman, akar akan kehilangan akar tunggang yang khas dan mengembangkan sistem akar berserat.

Hal ini dilakukan secara komersial di pembibitan sehingga pohon, yang secara alami memiliki akar tekan, akan mengembangkan sistem akar berserat kompak. Hal ini memungkinkan tingkat yang lebih tinggi tanam sukses.

Jumlah dan distribusi akar tanaman sangat penting karena dua faktor ini memiliki pengaruh besar pada penyerapan kelembaban dan nutrisi. Kedalaman dan penyebaran akar tergantung pada karakteristik pertumbuhan yang melekat pada tanaman dan tekstur dan struktur tanah.

Akar akan menembus jauh lebih dalam di lepas, baik dikeringkan tanah daripada di berat, buruk-dikeringkan. Sebuah padat, lapisan dipadatkan dalam tanah akan membatasi atau menghentikan pertumbuhan akar.

 

Pengertian Akar Dan Bagian-Bagian Akar

Selama perkembangan awal, nutrisi tanaman bibit dan kelembaban dari beberapa inci dari tanah sekitarnya. Oleh karena itu, pertumbuhan awal yang paling tanaman hortikultura yang diunggulkan di baris manfaat dari aplikasi pita pupuk, ditempatkan beberapa inci untuk setiap sisi dan sedikit di bawah bibit.

Sebagai tanaman menjadi mapan, sistem akar berkembang lateral dan biasanya jauh melebihi penyebaran cabang. Untuk tanaman yang paling dibudidayakan akar bertemu dan tumpang tindih antara baris.

Konsentrasi terbesar akar berserat terjadi pada kaki atas tanah, namun sejumlah besar lateral dapat tumbuh ke bawah dari akar ini untuk menyediakan sistem penyerapan yang efektif beberapa meter.[

 

Pengertian Akar Dan Bagian-Bagian Akar

Bagian dari sebuah akar

Secara internal, ada tiga bagian utama dari akar. Meristem adalah di ujung dan memproduksi sel-sel baru. Ini adalah daerah pembelahan sel dan pertumbuhan. Dibalik itu adalah zona perpanjangan, di mana sel-sel bertambah besar melalui makanan dan penyerapan air. Sel-sel ini dengan meningkatkan ukuran, mendorong akar melalui tanah.

Bagian ketiga akar utama adalah zona pematangan, di mana sel-sel mengalami perubahan untuk menjadi jaringan tertentu seperti epidermis, korteks, atau jaringan pembuluh darah.

Epidermis adalah lapisan terluar dari sel-sel di sekitar akar. Sel-sel ini bertanggung jawab untuk penyerapan air dan mineral yang terlarut dalam air. Sel-sel korteks terlibat dalam gerakan air dari epidermis dan penyimpanan makanan.

Lapisan suberized (bahan lemak di beberapa sel), yang dikenal sebagai strip Casparian, memiliki efek regulasi pada jenis mineral diserap dan diangkut oleh akar ke batang dan daun.

 

Pengertian Akar Dan Bagian-Bagian Akar

Jaringan pembuluh darah melakukan makanan dan air dan terletak di pusat akar. Namun, beberapa monokotil memiliki sistem vaskular akar mereka didistribusikan di sekitar pusat akar.

Eksternal ada dua daerah penting. Rambut akar yang ditemukan di sepanjang akar utama dan melakukan banyak pekerjaan yang sebenarnya air dan nutrisi penyerapan.

Tutup akar ujung terluar akar, dan terdiri dari sel-sel yang terkelupas sebagai akar tumbuh melalui tanah. Tutup akar menutupi dan melindungi meristem dan juga bisa merasakan gravitasi dan mengarahkan ke arah mana akar tumbuh.

Akar sebagai Makanan

 

Pengertian Akar Dan Bagian-Bagian Akar

Akar membesar adalah bagian yang dapat dimakan dari beberapa tanaman sayuran. Ubi jalar adalah akar bengkak, disebut akar berbonggol, yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan untuk tanaman. Wortel, ubi, salsify, dan lobak yang akar tunggang memanjang.

Leave a Comment