karakteristik Arthropoda

karakteristik Arthropoda

Filum yang paling menarik dari hewan dunia adalah Arthropoda. Nama ini berasal membentuk bahasa Yunani yang berarti “bersama-berkaki.” Arthropoda kekurangan tulang punggung dan karenanya mereka milik invertebrata kelas.

Ini adalah hewan berdarah dingin yang suhu tubuhnya berubah sesuai dengan lingkungan. Arthropoda adalah filum terbesar di dunia. Arthropoda menginvasi bumi lebih dari 570 juta tahun yang lalu.

Hampir 75% dari hewan di dunia adalah arthropoda. Arthropoda yang ditemukan setiap tempat di dunia. Mereka dapat dilihat di dalam air, tanah, udara, pohon dan bahkan di bawah tanah.

Arthropoda adalah spesies terkecil dalam kerajaan hewan. Sebagian besar arthropoda kurang dari 1 cm. Spesies tertentu yang cukup panjang hingga 3.2m. Arthropoda yang paling umum dikenal adalah kepiting, kalajengking, serangga, semut, lebah, kupu-kupu, dll. Arthropoda sangat beragam kelompok yang ditandai oleh tubuh bilateral.

Mereka memiliki exoskeleton, tubuh tersegmentasi dan kaki mereka bergabung. Arthropoda harus menumpahkan exoskeleton mereka selama tahap molting dan mendapatkan kembali satu yang lebih besar untuk rumah ukurannya yang besar.

Arthropoda adalah yang terbesar dan hewan umum di bumi. Oleh karena itu mereka tidak pernah jenis pusat hewan. Tapi mereka telah memainkan peran utama dalam evolusi.

Tubuh arthropoda adalah bilateral simetris dan tersegmentasi menjadi daerah khusus. Setiap segmen terdiri dari sepasang pelengkap. Pelengkap yang awalnya dirancang untuk bergerak.

Mereka memiliki sepasang antena untuk penginderaan, dayung untuk berenang, sengatan dll Untuk mengetahui lebih lanjut tentang struktur tubuh arthropoda mengacu pada Anatomi halaman Arthropoda.

 

karakteristik Arthropoda

karakteristik arthropoda

Semua arthropoda memiliki karakteristik tertentu yang sama. Mereka memiliki tubuh tersegmentasi, banyak memiliki kaki bersama, memiliki exoskeleton, mereka adalah hewan berdarah dingin dll Untuk membaca lebih lanjut tentang karakteristik arthropoda mengambil kunjungan ke halaman Karakteristik Arthropoda.

Trending :  Apa Penyebab Kekurangan Kalium?

Arthropoda dapat dibagi menjadi sepuluh atau lebih subclass. Secara umum ada lima klasifikasi signifikan arthropoda. Mereka adalah Insecta, Arachinda, Chilopoda, Diplopoda, dan Malacostraca.

Leave a Reply

Your email address will not be published.