Perbedaan Jamur dan Tumbuhan

Perbedaan Tumbuhan dan JamurJamur adalah kelompok organisme uniseluler atau multinucleate yang hidup dan tumbuh pada masalah membusuk. Sedangkan tumbuhan adalah organisme hidup multiseluler yang merupakan bagian dari kingdom plantae yang terkait dengan memiliki sifat-sifat tertentu seperti menjadi multiseluler, memiliki selulosa, dan memiliki kemampuan untuk melakukan fotosintesis.

Tumbuhan dan jamur memainkan bagian penting dalam kelangsungan hidup manusia dan organisme lain di planet ini. Semua makhluk hidup yang sebelumnya dikategorikan ke dalam kingdom yang berbeda diantaranya kingdom Monera, Kingdom Fungi, Kingdom Protista, Kingdom Plantae dan Animalia kingdom. .

Meskipun awalnya jamur dikelompokkan di bawah kingdom Plantae, itu kemudian diklasifikasikan dalam kerajaan sendiri karena perbedaan yang mencolok dari tanaman tersebut. Dan berikut ini yang merupakan perbedaan antara Tumbuhan dan jamur.

Perbedaan Jamur dan Tumbuhan

AspekJamurTumbuhan
KingdomFungiPlantae
SelUmumnya multiseluler, tetapi ada yang uniselulerMultiseluler
KlorofilTidak memiliki, tidak mampu berfotosintesisMemiliki, mampu berfotosintesis
SifatHeterotrofAutotrof
Diferensiasi JaringanTidak memiliki, tubuh disebut TalusMemiliki daun, batang, dan akar sejati
ReproduksiMelalui sporaMelalui spora dan serbuk sari
Peran dalam EkosistemPenguraiProdusen
Dinding SelKitinSelulosa
Sifat ParasitikParasit (umumnya)Non parasit (dengan pengecualian beberapa seperti benalu)
Struktur PelekatFilamen untuk melekat pada inangAkar untuk melekat pada tanah

 

Itulah perbedaan antara jamur dan tumbuhan yang sudah Mino bahas, next kita bahas apalagi ya? Sekian yang bisa Mino sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat, dan  sampai jumpa di pembahasan lain mengenai Teknologi-Bisnis di artikel teknowarta selanjutnya!

Leave a Comment