Apakah Hewan Gunakan Paru-paru untuk Bernapas

Hewan darat seperti mamalia, burung, amfibi, dan reptil bernapas dengan paru-paru. Semua organisme membutuhkan energi untuk setiap pekerjaan yang mereka lakukan, dan energi ini dihasilkan oleh respirasi, yang membutuhkan oksigen. Organisme mengambil oksigen karena menghirup, maka udara mencapai paru-paru, di mana oksigen diserap dan karbon dioksida dilepaskan sebagai hewan napas.

Mamalia

Paru-paru mamalia terbuat dari sejumlah besar struktur kantung-seperti kecil yang dikenal sebagai alveoli. Setiap alveolus dikelilingi oleh pembuluh darah, dan dalam struktur ini bahwa pertukaran gas terjadi. Air masuk ke dalam tubuh mamalia melalui hidung atau mulut, dari mana perjalanan melalui tenggorokan untuk mencapai trakea. Cabang-cabang trakea menjadi dua bronkus, satu mencapai masing-masing paru-paru. Bronkus membagi menjadi cabang-cabang yang lebih kecil dikenal sebagai bronkiolus. Setiap bronchiole membawa pesawat ke satu alveolus. Air didorong masuk dan keluar dari paru-paru dengan gerakan diafragma otot dan sebagian oleh relaksasi dan kontraksi tulang rusuk. Menghirup udara dan dihembuskan udara mengalir melewati jalan yang sama masuk dan keluar paru-paru pada mamalia seperti manusia, anjing dan kucing.

Burung

Burung memerlukan sejumlah besar energi untuk terbang. Burung bernapas melalui paru-paru, tapi udara di paru-paru mereka mengalir dalam satu arah, menyediakan pasokan konstan oksigen.

Burung memiliki kantung tambahan menyebar paru-paru ke dalam tubuh mereka, dan namun mereka tidak memiliki diafragma yang mendorong udara masuk dan keluar paru-paru mereka seperti pada manusia. Sebaliknya, fungsi ini dilakukan oleh otot-otot tubuh mereka. [

 Amfibi

Amfibi dapat hidup di darat maupun di air. Meskipun mereka melakukan sebagian besar bernapas dengan kulit mereka, mereka memiliki paru-paru — dan, ketika beberapa spesies masih muda, mereka menggunakan insang untuk bernapas.

Paru-paru Amfibi sangat sederhana, begitu banyak napas mereka adalah melalui kulit mereka, di mana oksigen melewati ke pembuluh darah di bawah kulit. Jenis pernapasan ini disebut respirasi kulit.

 

Apakah Hewan Gunakan Paru-paru untuk Bernapas?

 Reptil

Tidak seperti amfibi, reptil tidak memiliki insang selama setiap tahap umur mereka. Juga, kulit kering dan bersisik mereka mencegah mereka dari bernapas melalui itu mereka. Oleh karena itu, hewan-hewan ini bergantung sepenuhnya pada paru-paru mereka untuk respirasi. Reptil tidak memiliki diafragma yang mamalia memiliki.

Sebaliknya, paru-paru mereka mengembang dan mengempis dengan ekspansi dan kontraksi dari tulang rusuk mereka. Juga, mirip dengan mamalia, udara mengalir masuk dan mengalir keluar dari paru-paru reptil melalui jalan yang sama.

Leave a Comment