Apakah Efek dari Prolaktin di Laki-laki?

Prolaktin adalah hormon yang ditemukan pada laki-laki dan perempuan dan terutama bertanggung jawab untuk kemampuan wanita untuk menghasilkan susu. Meskipun laki-laki yang sehat tampaknya tidak menggunakan hormon,

kehadiran tingkat rendah tampaknya tidak memiliki efek samping yang tidak diinginkan atau pada laki-laki. Tingginya kadar prolaktin, bagaimanapun, mengganggu kemampuan pria untuk memproduksi testosteron, yang dapat menyebabkan sejumlah masalah.

Kedua laki-laki dan perempuan biasanya memiliki tingkat rendah prolaktin. Pada laki-laki, antara 2 dan 18 nanogram per mililiter dianggap normal. Pada konsentrasi ini, hormon tersebut tidak mengganggu hormon seks pria dan tidak menimbulkan efek buruk.

Hal ini diyakini bahwa prolaktin mungkin terkait dengan fungsi kekebalan tubuh karena sel-sel kekebalan tertentu telah terbukti untuk mengeluarkan tingkat kecil dari itu.

Ini tidak, bagaimanapun, tampak bahwa hormon ini diperlukan untuk respon kekebalan tubuh yang tepat, sehingga tingkat yang lebih tinggi yang masih dalam kisaran normal mungkin bukan merupakan indikasi kesehatan kekebalan yang lebih besar.

Pada mamalia, prolaktin adalah hormon utama yang bertanggung jawab untuk produksi susu dan pembesaran kelenjar susu. Meskipun hanya perempuan menyusui anak mereka, laki-laki yang memiliki kelenjar susu terbelakang.

Salah satu efek prolaktin pada pria adalah bahwa hal itu dapat menyebabkan kelenjar ini membengkak dan, jarang, kehadiran tingkat tinggi hormon ini dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan laki-laki untuk menghasilkan sejumlah kecil susu.

kadar prolaktin

Tingginya kadar prolaktin juga terkait dengan rendahnya tingkat testosteron. Kekurangan hormon seks pria ini serius dapat mengganggu karakteristik seks laki-laki. Kehadiran terlalu banyak prolaktin pada pria dapat menyebabkan hilangnya hasrat seksual dan jumlah sperma secara signifikan menurunkan.

Seiring waktu, terlalu banyak dapat menyebabkan kemandulan sementara dan impotensi. Gejala-gejala ini pergi ketika kadar prolaktin laki-laki itu dikembalikan ke normal.[

Apakah Efek dari Prolaktin Pada Laki-laki?

Selain mempengaruhi karakteristik seks, tingkat tinggi prolaktin pada pria dapat menyebabkan masalah lain yang berkaitan dengan kurangnya testosteron. Kelelahan merupakan efek umum testosteron rendah, seperti hilangnya massa otot dan kekuatan. Jika tidak diobati, tingkat tinggi prolaktin dapat menyebabkan hilangnya kepadatan tulang, yang sangat meningkatkan kemungkinan melanggar atau patah tulang, dan dapat menyebabkan hilangnya tinggi badan juga.

Leave a Comment