Apa itu Filum Pakis?

Apa itu Filum Pakis?

Pakis adalah tumbuhan vaskular, yang mengandung phloem dan xylem, dan memiliki akar, batang dan daun seperti kebanyakan jenis lain dari Tumbuhan.

Namun, tidak seperti pohon, semak-semak berbunga dan sebagian besar jenis Tumbuhan lainnya, pakis tidak menghasilkan bunga atau biji. Sebaliknya, mereka mereproduksi melalui spora. Taksonomi, semua pakis dikelompokkan bersama dalam filum yang sama, juga disebut divisi.

Filum Terhadap Divisi

Sebuah filum adalah klasifikasi taksonomi peringkat bawah Kerajaan dan di atas kelas. Filum istilah digunakan terutama untuk merujuk pada hewan. Tumbuhan, termasuk pakis, biasanya diklasifikasikan dalam divisi, bukan di filum. Namun, divisi menempati tempat taksonomi yang sama dan berfungsi sebagai filum.

tata nama

Secara historis, pakis diklasifikasikan sebagai bagian dari kelas Filices, atau Tumbuhan dengan beberapa daun besar. Namun, taksonomi modern yang menempatkan pakis dalam filum mereka sendiri atau divisi.

Divisi ini disebut tumbuhan paku. Ini juga dapat disebut sebagai Filicophyta atau Polypodiophyta. Ketika filum ini diperlakukan sebagai subdivisi dari Tracheophyta, atau tumbuhan vaskular, dapat disebut sebagai Polypodiopsida.

pesanan

Pakis filum berisi empat perintah utama: Polypodiales, Hydropteridales, Marattiales dan Ophioglossales. The Polypodiales termasuk pakis kayu, pohon pakis, suplir, pakis rawa dan pakis pakis.

The Hydropteridales termasuk semanggi air, azolla dan pakis mengambang. The Marattialies hanya pakis kapal, sedangkan Ophioglossales, atau pakis ular-lidah, mengandung penambah lidah, pakis anggur dan moonworts.[

 jenis Jenis

Pakis datang dalam dua jenis utama: pakis eusporangiate dan pakis leptosporangiate. Spora pakis Eusporangiate muncul dari beberapa sel epidermis, yang disebut sporangia. Tumbuhan ini cenderung memiliki sistem akar yang relatif kecil dan menghasilkan sejumlah besar spora. Pakis Leptosporangiate membuat kelompok yang lebih besar, dan menghasilkan spora dari hanya satu sel epidermis, atau sporangium.

Trending :  Perbedaan angiospermae dan gymnospermae

Apa itu Filum Pakis?

 pakis Sekutu

Sekutu pakis adalah Tumbuhan yang sangat mirip pakis benar, tetapi tidak berbagi semua karakteristik yang sama. Kelompok ini mencakup clubmosses dan keluarga mereka, ekor kuda dan gosok-bergegas, dan pakis mengocok. Sekutu Fern juga mereproduksi melalui spora, tetapi mungkin tidak memiliki daun seperti pakis lakukan. Tumbuhan ini kadang-kadang dikelompokkan dengan pakis di bawah Pteridofita istilah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.