Fungsi, Susunan dan Masalah Mata Pada Manusia

Fungsi, Susunan dan Masalah Mata Pada Manusia

Mata manusia adalah organ yang memungkinkan kita untuk melihat. Mata manusia tidak hanya Mari kita melihatlingkungan kita, tetapi juga memungkinkan kita untuk membedakan antara warna.

Struktur Mata

Ketika Anda berbicara tentang struktur mata, mereka ada di pasang, masing-masingmenjadi sekitar 2,5 cm. Setiap mata terdiri dari bagian-bagian utama sebagai berikut.

Scelra:

Bagian putih dari mata kita dikenal sebagai scelra. Ini terdiri darijaringan berserat dan melindungi bagian internal dari mata.

Kornea:

Jaringan transparanmelalui mana cahaya masuk mata disebut kornea. Itu ada di depan mata.

Iris:

Iris terdiridari otot yangkontrak atau bersantai untuk menyesuaikan jumlah cahaya yang masuk ke mata.

Pupil:

Pupil adalahaperture dikendalikan oleh otot-otot iris. Sebagai contoh, ketika gelap, irisotot rileks, menyebabkan pupil untuk membuka lebih luas. Oleh karena itu, lebih banyak cahaya masuk mata mereka untuk memungkinkan kita untuk melihat lebih baik. Di sisi lain, pupil menjadisempit karena kontraksiotot-otot iris dengan adanya cahaya yang berlebihanuntuk melindungi sel-sel mata.

Lensa:

Lensa hadirdi belakang pupil. Cahaya memasuki pupil, melewati lensa dandifokuskan pada retina mata. Lensa ini mampu mengubah bentuk untuk membantu kita melihat dekat atau jauh dari objek.

Retina:

Retina mengkonversi cahaya menjadi sinyal listrik yangditransfer ke otak untuk diproses. Retina terdiri dari dua jenis sel: batang dan kerucut. Sel-sel ini sensitif terhadap cahaya. Batang pentinguntuk penglihatan malam hari ketika ada sedikit cahaya. Di sisi lain, kerucut memainkan peran penting dalam membantu kita melihat warna.[

 

Fungsi, Susunan dan Masalah Mata Pada Manusia

Saraf optik:

Saraf optik mengambil sinyal listrikdari retina mata ke otak.

 Fungsi Mata

Fungsi mata yangterkait dengan rasa kita penglihatan. Mereka mengubah cahaya menjadi sinyal listrik yangdiuraikan oleh otak menjadi gambar. Benar bekerja kesehatan mata dapat melakukan fungsi-fungsi berikut.

Mereka membantu kita melihat lingkungan kita.

Mata kita memungkinkan kita untuk melihat warna. Organisme tertentu, seperti anjing, tidak bisa melihat warna dan, jadi, dunia mereka adalah hitam dan putih.

Mata membantu kita melihat dekat serta obyek yang jauh.

 Bagaimana Mata Bekerja

Ada satu fakta matabahwa organ kecilmelakukan fungsi yang sangat kompleks. Mekanisme kerjamata dapat dipecah menjadi langkah-langkah sederhana berikut ini.

Ketika kita melihat suatu objek, cahaya terpantulke mata kita.

Sinar cahaya yang masuk mata kita pertama melewatipupil. Ukuran pupildikontrol oleh otot, yang dikenal sebagai iris.

Setelah melewati pupil, cahaya melewati lensa transparanmata. Sinar cahaya dibiaskan dan difokuskanke retina.

Sel-sel peka cahaya, batang dan kerucut, hadir dalam retina rahasia sinarcahaya menjadi impuls listrik.

Saraf optik transfer ini impuls listrik dariretina ke otak yang memproses sinyal tersebut dan menerjemahkannya dalam bentuk gambar.

Penyakit Mata

Organ-organ yang sangat halus dapat menjadi mangsa masalah mata yang berbedakarena faktor alergi, kondisi higienis dan usia tua. Disebutkan di bawah ini adalah beberapapenyakit yang paling umum dari mata.

konjungtivitis

Konjungtivitis umumnya dikenal sebagaipenyakit mata merah. Ini adalah peradangan konjungtiva, membran transparan yang meliputi sclera. Peradanganpembuluh darah kecil yang ditemukan dikonjungtiva membuat mata kita terlihat merah.

katarak

Katarak mempengaruhi lensa mata. Merekamungkin disebabkan karena usia tua atau mungkin ada sebagai cacat sejak lahir. Bagian dari lensa menjadi buram, menghalangibagian cahaya keretina, sehingga menghalangivisi kami.

glaukoma

Glaukoma adalah penyakit yang menyebabkan kebutaan karena kerusakan saraf optik. Ketika saraf optik gagal untuk mengirimkan sinyal listrik ke otak, individutidak dapat melihat sama sekali.

Check Also

Apakah fungsi Otot rangka

Apakah fungsi Otot rangka

Otot rangka memiliki tiga fungsi utama. Pertama, otot rangka bekerja dengan tulang dari sistem kerangka …