Fungsi Hemoglobin

Setiap sel darah merah mengandung sejumlah besar hemoglobin yaitu pigmen protein yang mampu mengikat molekul oksigen dalam kombinasi longgar. Fungsi utama hemoglobin adalah mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh dan berlanjut dengan mengangkut karbon dioksida dari jaringan kembali ke paru-paru. Setiap sel darah merah mengandung sekitar 280 juta molekul hemoglobin. Bagian penting dalam transportasi oksigen oleh hemoglobin adalah molekul afinitas dari oksigen. Ketika hemoglobin mengambil molekul oksigen pertama afinitas sebenarnya meningkatkan sehingga mengambil lebih banyak oksigen. Efek domino ini berlanjut sampai molekul penuh oksigen.

Ketika membawa beban penuh oksigen, hemoglobin, kemudian disebut oksihemoglobin, memberikan darah warna merah terang. Pada kebanyakan hemoglobin memiliki ukuran rata-rata ada sekitar 7501 gram (26 ons), dengan masing-masing membawa gram 1,35 mililiter (0,04 oz) oksigen. Dengan demikian, jumlah total oksigen yang dibawa oleh darah adalah sekitar 1.100 mililiter (36,3 oz); ini adalah jumlah kira-kira yang akan dikonsumsi dalam satu olahraga kecil.

Setelah hemoglobin telah menyampaikan oksigen ke jaringan, darah menjadi lebih gelap dan sedikit kebiruan. Saat berjalan kembali ke jantung, hemoglobin mengambil sebagian kecil dari karbon dioksida yang dihasilkan oleh sel-sel sebagai produk limbah metabolisme. Saat sel darah merah melewati kapiler paru-paru, karbon dioksida dilepaskan dan oksigen dijemput.

Hemoglobin terdiri dari dua jenis komponen: heme, suatu pigmen merah protoporfirin yang mengandung zat besi, dan globin, protein berwarna. Setiap molekul hemoglobin terdiri dari satu molekul globin terikat empat kelompok heme, dengan masing-masing kelompok heme yang mengandung satu atom besi dalam keadaan bivalen. Karena setiap gram hemoglobin mengandung 0,335 miligram (1 / 10.000 ons) dari besi, hemoglobin beredar memegang sebagian besar dari besi dalam tubuh.

Saat lahir, darah bayi memiliki sel darah merah yang lebih besar dan berisi sedikit lebih banyak hemoglobin dari darah orang dewasa. Pada bulan pertama kehidupan, jumlah hemoglobin menurun tajam dan tubuh memproduksi sel darah merah yang lebih kecil. Kandungan hemoglobin tetap rendah selama sekitar satu tahun. Kemudian kenaikan dimulai, dan nilai-nilai dewasa 14 atau 15 gram (0,5-0,52 oz) per 100 mililiter (3,3 oz) dicapai pada remaja awal.

Leave a Comment