Ciri-ciri mamalia

Salah satunya adalah bukan mamalia. Yang mana? Mamalia adalah kelas vertebrata endotermik. Mereka memiliki empat kaki dan menghasilkan telur ketuban. Contoh mamalia termasuk kelelawar, paus, tikus, dan manusia. Jelas, mamalia adalah kelompok yang sangat beragam. Meskipun demikian, mereka berbagi banyak ciri yang membedakan mereka dari vertebrata lainnya.

Karakteristik Mamalia

Dua ciri-ciri yang digunakan untuk mendefinisikan kelas mamalia. Mereka adalah kelenjar susu dan rambut tubuh (atau bulu).

  • Mamalia betina memiliki kelenjar susu. Kelenjar menghasilkan susu setelah kelahiran anak. Susu adalah cairan bergizi. Susu berisi molekul yang melawan penyakit serta semua nutrisi mamalia yang dibutuhan bayi. Memproduksi susu untuk anak disebut laktasi.
  • Mamalia memiliki rambut atau bulu. Rambut melindungi tubuh untuk membantu mempertahankan panas tubuh. Rambut juga dapat digunakan untuk merasakan dan berkomunikasi. Sebagai contoh, kucing menggunakan kumis mereka untuk merasakan lingkungan mereka. Mereka juga meningkatkan bulu mereka sehingga terlihat lebih besar dan lebih mengancam (lihat Gambar di bawah).

Kucing Berkomunikasi Peringatan. Dengan menaikkan bulu, kucing ini “mengatakan” bahwa itu besar dan berbahaya. Hal ini dapat mencegah predator tidak menyerang.

Kebanyakan mamalia berbagi beberapa ciri lainnya. Ciri-ciri dalam daftar berikut ini bersifat umum, tapi belum tentu unik untuk, mamalia.

  • Kulit banyak mamalia ditutupi dengan kelenjar keringat. Kelenjar keringat menghasilkan, cairan asin yang membantu mendinginkan tubuh.
  • Paru-paru mamalia memiliki jutaan kantung udara kecil yang disebut alveoli. Alveoli menyediakan luas permukaan yang sangat besar untuk pertukaran gas.
  • Jantung mamalia terdiri dari empat ruang. Hal ini membuatnya lebih efisien dan kuat untuk memberikan darah beroksigen ke jaringan.
  • Otak mamalia relatif besar dan memiliki penutup yang disebut neokorteks. Struktur ini memainkan peran penting dalam banyak fungsi otak yang kompleks.
  • Telinga tengah mamalia memiliki tiga tulang kecil yang membawa getaran suara dari luar ke telinga bagian dalam. Tulang memberikan mamalia pendengaran sangat baik. Pada vertebrata lainnya, tiga tulang adalah bagian rahang dan tidak terlibat dalam bicara.
  • Mamalia memiliki empat jenis gigi. Gigi vertebrata lainnya, sebaliknya, semua sama.

Ringkasan

Mamalia adalah kelas vertebrata endotermik. Mamalia memiliki empat anggota badan dan menghasilkan telur ketuban. Kelas mamalia didefinisikan oleh kehadiran kelenjar dan rambut (atau bulu) susu. Ciri-ciri lain dari mamalia termasuk kelenjar keringat di kulit mereka, alveoli pada paru-paru mereka, jantung empat bilik, dan penutup otak disebut neokorteks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rekomendasi Terkait
Menu