3 Teknik atau Cara Memukul Bola dalam Permainan Kasti

3 Teknik atau Cara Memukul Bola dalam Permainan Kasti

3 Teknik atau Cara Memukul Bola dalam Permainan Kasti – Kasti adalah contoh cabang olahraga permainan bola kecil yang dimainkan secara beregu oleh dua tim di lapangan terbuka. Dalam permainan kasti ini, mengharuskan seorang pemain dari salah satu regu yang mendapatkan giliran menyerang untuk memukul bola menggunakan sebuah alat pemukul yang bernama bat.

Oleh karena itulah, seorang pemain dari setiap tim yang mendapatkan giliran atau disebut sebagai hitter wajib memiliki keterampilan memukul bola dalam permainan kasti. Mengutip dari buku Softball dan Baseball: Teori dan Praktek (2019) oleh Anggi Setia Lengkana dan Rana Gustian Nugraha, keterampilan memukul berpengaruh pada ketepatan dan jarak lontaran bola.

Dalam permainan kasti, ada 3 teknik ataupun cara untuk memukul bolanya, yang dibedakan berdasarkan laju bola setelah bersentuhan dengan pemukul atau bat milik seorang pemain. Beragam teknik atau cara untuk memukul bola dalam permainan kasti tersebut antara lain yaitu pukulan mendatar, pukulan melambung, dan juga pukulan merendah.

Pukulan mendatar

Teknik mendatar adalah jenis memukul lurus pada permainan bola kasti, teknik mendatar ini bermaksud untuk mengarahkan bola agar melesat ke depan.

Dalam melakukan pukulan mendatar pada permainan kasti, seorang hitter harus memposisikan badan secara tegak menyamping serta memusatkan pandangannya ke arah datangnya bola.

Alat pemukul atau bat dipegang sejajar dengan bahu, lalu diayunkan secara mendatar sekeras mungkin ketika memukul bola.

Pukulan melambung

Pukulan melambung adalah cara untuk memukul bola dalam permainan kasti supaya bola mengarah tinggi ke udara.

Untuk melakukan pukulan bola melambung dalam permainan kasti, caranya diawali dengan posisi tangan pemain yang membawa bat menekuk 45 derajat ke arah bawah.

Lalu pada saat memukul bola, ayunkan tangan sekuat mungkin dengan posisi siku yang lurus kemudian langkahkan kaki kanan ke depan.

Pukulan merendah

Seorang hitter juga bisa mengarahkan bolanya menuju ke permukaan tanah dengan kecepatan tinggi untuk menyulitkan pemain lawan.

Untuk cara memukul yang dilakukan hitter tersebut adalah teknik pukulan merendah, yang diawali dengan memegang bat ke atas serta berada di belakang tubuh.

Ayunan tangan hitter pada saat memukul bola yaitu bergerak dari atas ke bawah, dan dilanjutkan dengan langkah kaki kanan ke depan setelahnya.

Dan demikianlah artikel tentang 3 cara ataupun teknik untuk memukul bola dalam permainan bola kasti. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan kalian tentang permainan bola kasti.

Check Also

Bagian Bagian Antena Parabola

Bagian Bagian Antena Parabola

Bagian Bagian Antena Parabola – Antena parabola merupakan satu set perangkat antena yang terdiri dari beberapa …

Leave a Reply

Your email address will not be published.