Cara Membedakan Softlens Kanan dan Kiri

Cara Membedakan Softlens Kanan dan Kiri

Cara Membedakan Softlens Kanan dan Kiri – Mungkin kalian termasuk salah satu orang yang bingung cara untuk membedakan softlens kanan dan kiri. Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan softlens, baik itu untuk kecantikan maupun untuk kesehatan. Simak penjelasan selanjutnya berikut ini mengenai softlens.

Softlens atau lensa kontak adalah alat bantu penglihatan selain kacamata. Softlens berbentuk menyerupai lensa mata yang asli serta mudah untuk dibawa kemana saja dibandingkan kacamata. Sebagian besar orang lebih memilih untuk memakai softlens dibandingkan kacamata.

Padahal ada dampak buruk jika memakai softlens dalam jangka panjang jika tidak memperhatikan beberapa aturan pakai dengan tepat. Pemakaian lensa kontak harus diperhatikan mengingat tampilan softlens kanan dan kiri terlihat persis. Jadi kalian harus tahu cara membedakan softlens terbalik supaya pemakaian aman.

Penggunaan softlens sudah sangat populer bahkan banyak orang yang tidak menderita masalah penglihatan sekalipun ikut memakainya. Ini termasuk kondisi yang berbahaya karena banyak yang menyalahgunakan softlens.

Fungsi Softlens

Pada dasarnya softlens fungsi dari softlens yaitu untuk membantu penglihatan bagi mereka yang mengalami gangguan penglihatan. Softlens bisa memperjelas penglihatan serta meningkatkan fungsi mata. Softlens akan menempel pada kornea mata sehingga penglihatan akan lebih jelas.

Alat ini juga bisa digunakan untuk para pengidap rabun jauh maupun rabun dekat sesuai dengan jenis softlens. Oleh karena itu kalian disarankan untuk konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan softlens. Lensa kontak ini juga bisa digunakan untuk menunjang penampilan.

Cara Membedakan Softlens Kiri dan Kanan

Bentuk softlens ini sangat mirip antara mata kanan dan kiri. Karena itulah kalian harus memperhatikan beberapa cara untuk membedakan softlens kanan dan kiri.

  1. Tanyakan pada sang penjual untuk memastikan softlens kanan dan kiri, atau kalian juga bisa menanyakan kepada mereka yang sudah punya pengalaman lebih dengan softlens.
  2. Pada setiap wadah softlens terdapat sebuah keterangan dengan tanda R dan L. R berarti right atau kanan dan L itu berarti left atau kiri.
  3. Perhatikan posisi softlens saat diletakkan kembali sesuai dengan tanda yang ada pada wadah sebelumnya.
  4. Warna tutup wadah juga bisa dijadikan patokan untuk membedakan.
  5. Perhatikan juga ukuran minus dari masing-masing mata jadi softlens tidak akan tertukar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.