Cara Membuat Rel Pintu Geser dari Besi Hollow

Cara Membuat Rel Pintu Geser dari Besi Hollow – Pintu geser sliding telah menjadi pilihan bagi banyak orang, terutama bagi orang yang tinggal di rumah minimalis. Sebenarnya ada juga varian pintu lipat yang bisa kalian gunakan. Tetapi, dengan pintu geser, kalian tidak membutuhkan banyak ruang. Kalian juga bisa membuat pintu geser dari berbagai bahan. Contohnya, kalian bisa membuat pintu geser kayu, pintu geser dari triplek, dan, juga yang sedang naik daun akhir-akhir ini, yaitu dengan besi hollow. Pada artikel ini akan membahas cara membuat rel pintu geser dari besi hollow.

Untuk mengetahui kelebihan dan cara membuat rel pintu geser dengan memanfaatkan besi hollow, kalian bisa membaca informasi di bawah ini.

Bagaimana Cara Pasang Pintu Geser Rel Sliding Rumah?

Pintu geser bisa kalian buat sendiri dengan memanfaatkan besi hollow sebagai rel. Sebelum memulai pembuatannya, kalian harus mengetahui ukuran pasti lebar total dinding tempat pintu geser akan diletakkan supaya proses pembuatannya berjalan lancar.

Dan kalian jangan lupa untuk menyiapkan beberapa komponen, seperti rel dari besi hollow, grendel, bracket roda, engsel lipat, dan roda bawah. Seluruh komponen ini harus tersedia di dalam proses membuat pintu geser. Tetapi jika menemui kendala pada proses pemasangan atau supaya pemasangan pintu geser lebih kokoh, mungkin kalian membutuhkan beberapa komponen tambahan seperti kawat las.

Untuk membuat relnya sendiri, kalian harus tahu berapa panjang permukaan yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat menaruh komponen tersebut. Lalu kalian ukur dengan seksama dan cocokkan bersama roda bawah supaya bisa berjalan di dalam rel tersebut setiap proses buka tutup pintu.

Selanjutnya, kalian tinggal melakukan pemotongan sesuai dengan ukuran standar rel pintu geser. Jangan sampai terlalu lebar ataupun terlalu kecil karena roda pintu geser tidak akan berjalan dengan maksimal di dalamnya. Jika kalian tidak mau menggunakan roda, pastikan rel pada bagian pintu bisa menempati ruangan yang pas terhadap rel di bagian permukaan. Dengan begitu, kalian bisa melakukan pemasangan pintu geser dengan maksimal.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Pintu Sliding Geser?

Kalian telah membaca cara membuat rel pintu geser dari besi hollow. Dengan kemudahan yang diberikan, maka kalian juga harus tahu keuntungan menggunakan pintu geser.

Dengan menggunakan pintu geser tidak hanya untuk menghemat ruang saja. Masih ada keuntungan lainnya, antara lain:

  • Mengubah ruang yang sempit menjadi terbuka luas karena tidak adanya pintu dengan sistem kerja buka tutup seperti biasa. Sudut pandang jadi semakin luas serta suasana rumah terasa lebih nyaman.
  • Pintu geser dengan material kaca membuat ruangan pada rumah kalian mendapatkan pencahayaan yang cukup pada siang hari. Jadi, kalian bisa melakukan efisiensi listrik pada waktu siang hari dan tentunya akan menghemat biaya listrik.

Dengan beberapa keuntungan menggunakan pintu geser tersebut, jadi sebaiknya kalian jangan menyia-nyiakannya. Jika memang ingin membangun rumah, jangan lupa untuk menggunakan pintu geser di beberapa tempat. Khususnya pintu yang mengarah ke bagian taman.

Dan itulah informasi cara membuat rel pintu geser dari besi hollow. Pintu geser dari besi hollow bisa menjadi solusi bagi kalian yang tidak mempunyai cukup banyak ruang di rumah. Selain itu, kalian juga bisa membuat pintu sliding rumah sendiri.

Leave a Comment