10 Langkah Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami Mudah

10 Langkah Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami Mudah – Dengan digunakan setiap hari untuk mengunyah makanan, tentunya gigi palsu bisa goyah, retak ataupun lemnya mengelupas sehingga pada akhirnya gigi palsu pun lepas. Jika gigi palsu sudah retak, maka cara yang bisa dilakukan adalah menggantinya. Tetapi jika lemnya yang sudah tidak melekat, cara membuat lem gigi palsu alami sangat kalian perlukan.

Selain bisa membeli beberapa merk lem gigi palsu, kalian juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cukup mudah. Kalian simak saja tutorial cara membuat lem gigi palsu alami khusus berikut.

Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami

Bahan – bahan

Bahan-bahan yang kalian harus siapkan untuk pembuatan lem di antaranya:

  • Tepung pati 80 gram (pastikan memilih tepung pati dengan konsentrat tinggi supaya nanti konsentrasi lemnya bagus jika sudah jadi)
  • Air dingin 120 gram
  • Tawas 4 gram
  • Glyserine 8 cc
  • Phenol liquid 4 cc

Alat

Setelah semua bahan telah kalian siapkan, sekarang kalian persiapkan juga alat-alat yang diperlukan antara lain:

  • Panci
  • Gelas pengukur
  • Timbangan
  • Sendok plastik
  • Kompor

Jika sudah, selanjutnya adalah langkah-langkah untuk pembuatanya.

Langkah pembuatan

Cara pembuatannya sebagai berikut :

  1. Pertama-tama kalian harus memasukkan tepung pati di sebuah panci email khusus.
  2. Setelah itu, tuangkan air dingin ke dalam panci yang lain.
  3. Jika sudah, kalian masukkan bubuk tawas dan aduk bubuk tawas tersebut hingga larut dalam air. Tapi kalian harus tahu bahwa bubuk tawas cukup lama bisa larut dalam air jadi pastikan kalian dengan sabar mengaduk-aduknya sampai benar-benar larut secara sempurna. Proses ini sangat menentukan juga konsentrasi lem kalian nantinya apakah akan merekat dengan baik ataupun tidak.
  4. Jika sudah, kalian tuangkan larutan air tawas tadi ke dalam panci yang di dalamnya sudah berisi tepung pati kemudian kalian aduk terus menerus dengan menggunakan sendok sampai larutan larut sepenuhnya. Sama seperti sebelumnya, kalian harus pastikan jangan sampai ada tepung yang tidak larut.
  5. Setelah itu, panci yang berisi larutan tepung dan air tawas, kalian letakkan di atas kompor.
  6. Kalian atur supaya api kompor jangan terlalu besar, cukup sedang saja. Sementara panci kalian aduk terus menerus dengan menggunakan sendok.
  7. Jika bahan lem sudah kelihatan agak mengental, kalian angkat panci dari kompor dan aduk secara cepat dan isi kembali panci supaya lem yang dibuat memiliki tingkat kekentalan yang halus dan rata. Jika tidak cepat mengaduknya, maka hasil lem nantinya tidak akan sempurna dan tentu cara membuat lem gigi palsu ini akan gagal.
  8. Setelah itu, kalian dinginkan lem kira – kira selama 10 – 15 menit. Jika sudah dingin larutan lemnya, kalian tuangkan glyserine ke dalamnya dan aduklah sekali lagi supaya glyserine bisa menyatu dan menjadikan lem semakin lunak.
  9. Teteskan larutan phenol liquid yang sudah kalian siapkan sebelumnya dan aduk-aduk terus sampai menyatu semua larutannya.
  10. Jika sudah, maka lem sudah jadi dan bisa kalian masukkan ke dalam pot plastik.

Lem yang sudah jadi dan sudah dimasukan ke dalam pot plastik pastikan sudah kalian tutup dengan rapat semuanya dan setelah itu kalian simpan. Lem tersebut akan bertahan berbulan-bulan dan tidak akan membusuk sehingga bisa kalian gunakan berulang kali.

Dan itulah sedikit informasi mengenai cara membuat lem gigi palsu alami yang kalian harus persiapkan dan lakukan.

Leave a Comment