Tips Belajar Biola yang Praktis untuk Pemula

Tips Belajar Biola yang Praktis untuk Pemula

Tips Belajar Biola yang Praktis untuk Pemula – Bagi kalian yang ingin belajar biola, berikut akan saya ulas tips belajar biola untuk pemula.

Mengenal Alat Musik Biola

Sebelum mulai belajar biola, alangkah baiknya jika kalian mengenal terlebih dahulu alat musik ini. Alat musik ini pertama kali diperkenalkan di Kota Turin, Italia pada tahun 1523.

Alat musik gesek ini terkenal karena dipajang dalam bentuk patung malaikat kecil yang sedang bermain biola pada sebuah gereja di Vercelli. Pada zaman dahulu, biola hanya terdiri atas 3 senar saja.

Tapi seiring perkembangannya, sejak tahun 1540, biola sudah memiliki 4 senar (G-D-A-E) yang di-setel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima.

Meskipun mirip dengan gitar, tapi biola dimainkan dengan cara digesek dan disangga di atas lengan.

Jika kalian tertarik untuk mengenal alat musik dawai yang satu ini, kalian bisa coba mendalami-nya dengan mulai belajar cara bermain biola!

Tips Belajar Biola untuk Pemula

Ada beberapa bagian penting yang harus kalian pelajari terlebih dahulu sebelum akhirnya kalian bisa lihai bermain biola.

Dikarenakan alat musik biola sangat kompleks untuk dimainkan. Maka kalian harus menguasai beberapa hal tersebut terlebih dahulu.

Mulai dari mengetahui cara untuk memegang tubuh biola dengan benar, cara memegang bow, cara selaras kan nada (tuning), cara menggesek, hingga cara untuk meletakkan jari yang tepat untuk memainkan harmoni nada.

Semuanya itu bisa kalian pelajari dengan mengetahui caranya berikut:

1. Belajar Biola, Cara Memegang Tubuh Biola yang Benar

Kuasai teknik dasar adalah hal pertama yang harus kalian lakukan. Dan teknik dasar tersebut adalah memegang tubuh biola dengan benar. Kalian harus mempelajari posisi nyaman untuk menahan biola tersebut sebelum dimainkan. Karena ketika dimainkan, posisi biola akan berada di atas bahu. Di atas bahu dengan posisi bahu sedikit dimajukan, lalu letakkan biola. Kemudian jepit biola dengan dagu.

Shoulder rest merupakan alat penyangga yang bisa membantu kalian untuk menahan posisi biola, jika kalian memiliki leher yang cukup panjang dan sulit untuk menahan biola dengan dagu. Jika biola sudah bisa ditahan, pastikan posisi kalian benar-benar nyaman sebelum memainkan biola supaya proses latihan kalian mudah.

2. Cara Memegang Bow

Jika kalian sudah menguasai cara memegang tubuh biola yang tepat dan nyaman. Maka kalian lanjutkan dengan memegang Bow dengan tepat. Bow merupakan alat kayu dengan rambut yang digunakan untuk gesek senar biola. Sehingga biola akan mengeluarkan suara. Untuk memegang bow, kalian juga harus mencari posisi nyaman.

Supaya pegangan kalian tidak mengganggu permainan kalian nantinya. Setelah itu, ambil rosin dan gosok pada hair bow. Rosin adalah kelengkapan utama biola yang digunakan untuk membuat hair bow menjadi kesat. Saat menggosok rosin, kalian kencangkan bow terlebih dahulu dengan cara memutar bagian bawah bow. Tetapi jangan terlalu kencang, karena hair bow mudah putus.

3. Belajar Biola, Cara Sinkronisasi Senar

Selanjutnya adalah mempelajari cara men-sinkronisasi nada. Sebelumnya, mari kita kenal dulu nada-nada dasar utama pada biola. Layaknya gitar, alat musik ini juga memiliki senar yang masing-masing memiliki nada berbeda.

Pada posisi open string, nada dasar pada biola adalah E, A, D, dan G. Keempat nada tersebut berurutan dari senar 1 sampai senar 4. Cara untuk men-sinkronisasi nada adalah gesek-kan bow pada biola sambil memutar pegs dan fine tuner.

Pegs adalah dryer biola yang terbuat dari kayu dan letak nya ada dibawah scroll biola. Sedangkan untuk fine tuner adalah bagian seperti knob kecil di bagian tailpiece biola. Kalian sinkronisasi-kan keempat senar sesuai dengan nada dasar masing-masing supaya nada tidak sumbang.

4. Cara Menggesek Biola

Sekali lagi kalian harus memperhatikan posisi bow, sebelum kalian benar-benar belajar untuk cara menggesek biola. Posisi bow harus selalu lurus ketika menggesek biola. Biola dan bow akan membentuk posisi seperti tanda tambah (+) saat kalian gesek-kan biola.

Ketika memainkan biola tidak bisa asal menggesek sembarangan. Karena itu kalian bisa berlatih berulang-ulang, supaya terbiasa dengan posisi biola dan bow.

5. Cara Posisi-kan Jari yang Benar

Jika kalian sudah lancar menggesek biola. Maka kalian bisa lanjut mempelajari posisi jari ketika bermain. Kalian bisa memulai belajar dengan posisi jari di senar dua atau dari nada A.

Untuk tangga nada Do=A ialah: A B C# D E F# G# A. Jadi posisi jari kalian untuk memainkan biola adalah:

  • Senar terbuka sebagai nada Do.
  • Gunakan telunjuk kalian untuk menekan pada senar kedua dengan diberi jarak sedikit dari awal fingerboard sebagai nada Re.
  • Gunakan jari tengah kalian untuk menekan senar lagi dan diberi jarak dari jari telunjuk untuk nada Mi.
  • Gunakan jari manis kalian untuk menekan nada selanjutnya dan usahakan menempel dengan jari tengah untuk nada Fa.

Dan untuk nada Sol sampai selanjutnya, kalian bisa melakukan posisi yang sama tetapi dimulai dari senar di bawahnya. Hal ini berfungsi sama pada senar yang lainnya.

Jadi, jika kalian ingin bermain dari senar tiga (senar D), kalian bisa melakukan posisi yang sama yaitu nada Do sampai Fa pada senar tiganya dan Sol sampai Do di senar duanya.

Begitu juga jika kalian ingin bermain dari senar empat (senar G).

 

 

Check Also

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi Semua Tipe

Cara Mengatasi Ghost Touch – Bagi para pengguna Smartphone, tentunya sudah tidak asing lagi dengan …