10 Tradisi dan Budaya Korea Selatan yang Unik Tiada Dua

10 Tradisi dan Budaya Korea Selatan yang Unik Tiada Dua – Yuk kita kenali tradisi dan budaya Korea Selatan yang terkenal karena unik dan ekstrem berikut. Simak artikel teknowarta tentang tradisi dan budaya dari negeri ginseng berikut.

10 Tradisi dan Budaya Korea Selatan yang Menarik

Karena saking terkenalnya, penyebaran budaya Korea ini sampai memiliki sebutan sendiri yaitu Korean Wave. Apa saja tradisi dan budaya Korea yang menarik? Berikut ulasannya.

1. Festival Lumpur

Festival Lumpur

Tradisi dan budaya unik di Korea yang pertama yaitu festival lumpur, festival lumpur juga dikenal dengan Boryeong Mud Festival. Festival ini sudah diadakan sejak 1998 dan diadakan selama dua pekan di bulan Juli. Masyarakat Korea memang percaya bahwa lumpur sangat bagus untuk kesehatan kulit.

2. Budaya Nakji

Budaya Nakji

Apakah enak memakan gurita hidup-hidup? Jika penasaran, kalian bisa mengunjungi Korea untuk merasakan sensasi makan gurita hidup atau nakji.

Gurita hidup dipotong kecil-kecil dan ditaburi dengan biji wijen. Biasanya potongan gurita tersebut akan bergerak-gerak saat disajikan.

3. Sauna

Sauna

Bagi kalian yang sering menonton drama Korea pasti sering melihat sauna publik di Korea. Sauna adalah tempat pemandian umum. Sauna bahkan memiliki area untuk tidur dan buka hingga 24 jam.

Sauna publik ini disebut juga dengan Jjimjilbangs. Di dalamnya juga telah menyediakan aneka snack dan minuman.

4. Hanok

Hanok

Budaya dan tradisi dari Korea Selatan juga terlihat unik dari segi arsitektur rumah, atau yang disebut dengan Hanok.

Hanok ini terdiri dari anchae bagian dalam, sarangchae untuk bagian untuk pria, sarangbang ruang belajar dan haengrangbang untuk ruang pelayan.

5. Tarian Tradisional

Tarian Tradisional

Tarian tradisional Korea Selatan juga cukup beragam dan unik.

Beberapa tarian yang cukup terkenal antara lain tarian perang atau jhakchum, tarian topeng cheoyongmu dan tarian musim semi chunaengjeon yang merupakan tarian rasa syukur untuk dewa Sanchoensin dan Irwolseosingsin atas keberhasilan panen.

6. Musik

Musik

Di Korea ada dua jenis music, yaitu musik minsogak dan juga music jeongak. Musik minsogak adalah musik yang bisa dimainkan oleh siapa pun dan tidak memandang status dan kedudukan.

Sementara musik jeongak adalah musik istana yang hanya bisa dimainkan dan dipentaskan oleh masyarakat kelas atas.

7. Street Food

Street Food

Street Food Korea juga tidak kalah unik dan menarik. Kebanyakan orang Korea memang kerap kali hangout hingga menjelang pagi.

Karena itulah, jajanan pinggir jalan di Korea buka sampai jam 4 pagi. Jajanan ini biasanya dijual pada mobil-mobil terbuka yang menyediakan tenda, kursi dan meja.

8. Makanan Tradisional

Makanan Tradisional

Selain street food, makanan tradisional Korea juga tidak kalah unik dan menarik. Salah satunya adalah kimchi. Makanan ini terdiri dari sayuran dan selalu dihidangkan dalam banyak kesempatan dan menjadi salah satu makanan yang spesial.

9. Pernikahan

Pernikahan

Pernikahan dalam budaya Korea mempunyai sistem patrilineal atau pria memiliki peran penting dalam kesejahteraan keluarga.

Budaya pernikahan di Korea juga sangat menghormati kesetiaan, sehingga para janda muda tidak diizinkan untuk menikah lagi dan harus mengabdikan hidupnya untuk orang tua suaminya.

10. Bahasa Korea

Bahasa Korea
????????????????????????????????????

Korea memiliki Bahasa sendiri. Aksara dari Bahasa Korea dikenal dengan hangul yang terdiri dari 14  huruf konsonan dan juga 10 huruf vokal. Hangul diciptakan pada abad ke 15 oleh Raja Sejong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rekomendasi Terkait
Menu