Agar Tidak Alami Kegagalan Berwirausaha, Hindari 4 Kesalahan Ini

Agar Tidak Alami Kegagalan Berwirausaha, Hindari 4 Kesalahan Ini

Agar Tidak Alami Kegagalan Berwirausaha, Hindari 4 Kesalahan Ini – Ada banyak kesalahan yang bisa menyebabkan usaha gagal. Untuk menghindari risiko kegagalan berwirausaha, sebaiknya kalian hindari beberapa kesalahan berikut ini.

Wirausaha Itu Mudah

Jika untuk mengandai-andai saja, memang wirausaha itu mudah, akan tetapi bagaimana dengan prakteknya? Banyak sekali orang yang ingin menjadi wirausahawan karena membayangkan laba dan kelebihan-kelebihan yang sangat menggiurkan. Padahal ada banyak hal juga yang harus dipertimbangkan dengan matang dalam berwirausaha. Sayangnya hal-hal tersebut sering diremehkan oleh sebagian orang sehingga banyak kesalahan yang dilakukan.

Berikut ini merupakan beberapa kesalahan umum dalam berwirausaha beserta solusinya:

1. Konsep Tidak Jelas

Banyak orang yang mengira bahwa berwirausaha itu adalah hal yang mudah. Asalkan ada sebuah ide untuk memulai usaha, lalu langsung saja dieksekusi tanpa persiapan yang matang. Pada akhirnya tidak ada konsep usaha yang jelas, segala hal itu dilakukan dengan sistem ‘tambal sulam’. Jika ada sesuatu yang kurang maka tambahkan sesuatu, jika terdapat kesalahan baru maka diperbaiki sedikit demi sedikit. Dengan sistem ini sebenarnya kalian tidak tahu kemana arah yang dituju dan apa yang ingin dicapai. Lebih parahnya lagi, akan sulit untuk mengenal siapa target pasar kalin. Kalian hanya akan meraba-raba dan setiap perkembangan hanya akan didasarkan pada keadaan serta ‘keberuntungan’.

2. Kurang Modal

Memang keuntungan berwirausaha dianggap lebih menggiurkan daripada harus bekerja di perusahaan. Apalagi jika ditambah dengan benefit lain yang didapatkan, seperti waktu yang fleksibel dan tidak harus menaati atasan. Terkadang seseorang menjadi gegabah karena terlanjur tergiur dengan keuntungan yang ‘dijanjikan’. Padahal modal yang dimiliki sebenarnya masih belum cukup.

3. Salah Memilih Lokasi

Terkadang ada sebuah anggapan ‘jika barang yang dijual bagus, maka orang akan mencari dimana pun barang itu dijual’. Jangan salah, nyatanya lokasi ini memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kemungkinan suksesnya wirausaha kalian. Barang yang berkualitas bagus sekalipun belum pasti laku jika dijual di lokasi yang tidak tepat.

Trending :  6 Cara untuk Memajukan Usaha Depot Air Minum

4. Tidak Membangun Company Profile dan Company Culture yang jelas

Bagi karyawan yang sudah lama bekerja pada suatu perusahaan, memiliki bisnis sendiri pasti merupakan hal yang sangat didambakan. Bayangkan saja, kalian bisa memiliki karyawan sendiri dan tidak perlu lagi untuk disuruh-suruh oleh siapa pun. Bahkan sebagai pemilik usaha, kalian adalah ‘bos’ sehingga bisa menyuruh karyawan untuk melakukan apa saja. Kalian mungkin berpikir bahwa hal ini akan sangat menyenangkan.

Memiliki karyawan sendiri memang menyenangkan, jika saja karyawan tersebut tidak membuat masalah. Sekarang, coba ingat-ingat apa saja keluhan yang kalian keluarkan selama bekerja. “Ah saya malas”, “ah saya bosan”, “pekerjaan ini sangat menyebalkan”, “saya mau bolos saja”. Jangan lupa, keluhan-keluhan yang kalian keluarkan saat bekerja bisa jadi akan dikeluarkan juga oleh karyawan kalian nantinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.