Bacaan Doa Sahur Ramadhan serta 5 Keutamaan Mengerjakannya

Bacaan Doa Sahur Ramadhan serta 5 Keutamaan Mengerjakannya, Bacalah di Malam Hari Sebelum Sahur

Umat islam sudah mulai melaksanakan ibadah puasa esok hari. Umat islam di bulan suci Ramadhan ini diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa selama 30 hari penuh. Salah satu kegiatan di bulan puasa ini adalah makan sahur. Untuk itu simak pembahasan mimin tentang bacaan doa sahur Ramadhan dan keutamaan mengerjakan sahur dibulan ramadhan.

Menjalankan puasa dibulan Ramadhan hukumnya wajib bagi semua umat muslim yang telah baligh, sehat jasmani dan rohani dan tidak sedang dalam perjalanan jauh ( Musafir). Sedangkan untuk perempuan ada syarat khusus yang hanya diberlakukan untuk kaum hawa, yaitu mereka harus suci dari haid dan nifas.

Menjalankan ibadah puasa adalah untuk belajar menahan diri dari rasa lapar, haus dan juga hawa nafsu dari mulai terbit matahari hingga terbenamnya matahari.

Oleh karena itu tentu saja makan sahur menjadi sangat penting meskipun bukan menjadi kewajiban untuk menjalankan ibadah Puasa Ramadhan. Dengan makan sahur maka akan menambah energi ketika berpuasa. Nah, langsung saja kita bahas doa sahur Ramadhan dan keutamaan mengerjakanya.

Ketika melaksanakan sahur, ada doa dan niat yang sebaiknya dilakukan. Dengan membaca doa dan niat ini memiliki tujuan agar ibadah yang kita laksanakan menjadi lebih afdol karena didahului dengan niat dan doa. Berikut bacaan niat puasa dan doa sahur Ramadhan :

Doa Sahur Ramadhan

Setiap akan melakukan ibadah haruslah diawali dengan mengucapkan niat, baik itu ibadah sunah ataupun wajib. Termasuk ketika akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan,berikut adalah niat puasa Ramadhan :

Nawaitu shauma ghodin ‘an adaa’i fardhi syahri ramadhoona hadihis-sanati lillahi ta’aalaa.

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala.

Trending :  Warga Boleh Bukber, Tapi Dilarang Ngobrol ! Bisa ya ?

Keutamaan Sahur Ramadhan

Niat puasa Ramadhan biasanya akan dibaca pada saat selesai menunaikan ibadat sholat Tarawih ataupun ketika melaksanakan sahur, sebelum imsak.

Tidak hanya membawa keberkahan, namun sahur juga memiliki hikmah dan keutamaan di dalamnya. Terlebih apabila kita rutin dan tidak bolong melaksanakan sunah yang satu ini. Berikut adalah keutamaan sahur di bulan Ramadhan.

Sumber Energi

Makan sahur memiliki keutaman yaitu menjadi sumber energi dibulan puasa untuk menjalankan aktifitas seperti biasa. Puasa dilakukan dari terbitnya matahari hingga matahari terbenam, sehingga makan saur ini menjadi sangat penting bagi kita.

Mendekatkan Waktu Ibadah

Rasulullah SAW sendiri sering melakukan sahur ketika sudah menjelang imsak atau ketika mendekati waktu sholat subuh. Hal ini dilakukan agar kita tidur setelah melaksanakan sahur. Jadi dapat dikatakan jika sahur dapat mendekatkan waktu ibadah.

Keberkahan Melimpah

Umat muslim yang bangun dimalam hari dan menunaikan sholat malah kemudian berdoa, lalu dilanjutkan dengan makan sahur maka Allah akan mengirimkan kepadanya malaikat untuk meberikanya keberkahan.

Allah SWT dan Malaikat Bersholawat

Meskipun sunnah, namun makan sahur sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW meskipun hanya minum seteguk air. Pada saat sahur Allah dan Malaikat akan bersolawat. Salawat Allah diberikan kepada mereka yang melaksanakan sahur berupa rahmat dan salawat malaikat yaitu permohonan ampun untuk umat muslim.

Pembeda dengan Umat Terdahulu

Perintah untuk menjalankan ibadah puasa sudah ada sebelum Islam. Sehingga sahur adalah pembeda puasa antara ahli kitab dan umat Islam.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.