Niat Sholat Tarawih Sendiri dan Berjamaah yang Baik dan Benar

Malam ini umat muslim di Indonesia sudah bisa melaksanakan sholat Tarawih. Sholat Tarawih adalah ibadah sholat sunnah khusus yang hanya ada di bulan suci Ramadhan. Meskipun sunnah, namun ibadah sholat tarawih sangat dianjurkan baik dilakukan sendiri ataupun berjamaah di masjid.

Sholat tarawih adalah sholat sunnah dengan rakaat lebih banyak dibandingkan dengan sholat sunnah yang lain. Di Indonesia sendiri ada beberapa yang melaksanakan sholat Tarawih dengan empat salam, dan sebagian lagi melaksanakan 20 rakaat dengan 10 salam lalu kemudian ditambah sholat witir sebanyak tiga rakaat.

Dalam buku Qiyamul lail dan Ramadhan karya Isnan Ansory menyebutkan bahwa niat dari solat tarawih adalah dilakukan setiap dua rakaat. seperti yang dikatakan oleh Imam an-Nawawi berkata dalam kitabnya, al- Majmu’ Syarah al-Muhadzzab:

“Tidak sah sholat tarawih dilakukan dengan niat sholat sunnah secara mutlak, namun mesti diniatkan dengan sholat sunnah Tarawih atau sholat Tarawih atau qiyam Ramadhan. Dan juga diniatkan pada setiap dua rakaat dari rakaat-rakaat sholat tarawih.”

Niat Sholat Tarawih Sendiri dan Berjamaah

Nah untuk itu ada baiknya untuk memperbaiki niatan sholat tarawih, berikut ini adalah niat sholat tarawih baik sebagai imam dan makmum, ataupun solat tarawih sendiri dan berjamaah.

Niat sholat tarawih sebagai imam:

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarawihi rak’ataini mustaqbilal qiblata adaan imaman lillahi ta’la

Artinya : “Saya niat sholat sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat secara langsung sebagai imam karena Allah SWT”.

Niat sholat Tarawih sebagai makmum:

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarawihi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaan ma’muman lillahi ta’la

Artinya :”Saya niat sholat sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat secara langsung sebagai makmum karena Allah SWT”.

Niat sholat tarawih sendiri (munfarid):

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnatat tarawihi rok’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala.

Artinya :”Saya niat Salat Tarawih dua rakaat menghadap kiblat karena Allah SWT”

Itulah bacaan niat sholat Tarawih yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

sumber: republika.com

 

Leave a Comment