Doa Ziarah Kubur Menjelang Ramadhan,Lengkap Dengan Artinya

Ziarah kubur menjelang bulan suci Ramadhan adalah salah satu bagian dari budaya dan kebiasaan masyarakat. Di dalam agama Islam, ziarah kubur adalah termasuk salah satu kegiatan yang dianjurkan oleh Rasulullah. Bagi sesama manusia, haruslah saling mendoakan termasuk juga kepada orang-orang yang telah meninggal.

Tak hanya itu, ziarah kubur juga memiliki makna dan hikmah lain yang dapat menjadi renungan setiap manusia. Berziarah ke makan orang yang sudah meninggal, akan mengingatkan manusia bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini. Semua orang  pada akhirnya akan berpulang pada pencipta-Nya.

Oleh karena itu, berziarah kubur dapat mendapatkan manfaat kebaikan darinya. Ketika melakukan ziarah kubur, baik bagi keluarga atau orang yang sudah meninggal, ada doa ziarah kubur khusus yang dibaca. Dengan membaca doa ini, anda dapat memohon ampun atas dosa-dosa anda sendiri yang telah dilakukan selama di dunia dan juga anda bisa mendoakan orang-orang yang telah meninggal.

Manfaat lain dari membaca doa ziarah kubur adalah dapat mengalirkan pahala kepada orang yang telah meninggal dan ini menjadi adab ziarah kubur.

Dirangkum dari NU online, berikut adalah doa Ziarah kubur yang dapat anda bacakan ketika berziarah ke makam keluarga atau orang yang telah meninggal.

Bacaan Doa Ziarah Kubur

Seperti yang sudah kita bahas diatas, membaca doa ziarah kubur ketika berziarah ke makam perlu dilaksanakan. Rasulullah SAW memberikan contoh dan menganjurkan umat muslim untuk perbanak bacaan Al Quran,Dzikir dan mendoakan ahli kubur ketikan berziarah ke makam.

Nabi Muhammad SAW menganjurkan salah satu doa “Assalâmu‘alaikum dâra qaumin mu’minîn wa atâkum mâ tû‘adûn ghadan mu’ajjalûn, wa innâ insyâ-Allâhu bikum lâhiqûn,”

yang artinya, wahai tempat bersemayam kamum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Tuhan yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian.

Selain doa diatas, masih ada doa khusus yang dapat anda bacakan sebagai berikut :

Bismillâhirrahmânirrahîm

Salâmullâhi yâ sâdah minar-Rahmâni yaghsyâkum. Ibâdallâhi ji’nâkum qashadnâkum thalabnâkum .Tu’înûnâ tughîtsûnâ bihimmatikum wa jadwâkum .Fa ahbûnâ wa a’thûnâ ‘athâyâkum hadâyâkum .Falâ khayyabtumû dzannî fahâsyâkum wahâsyâkum. Sa’idnâ idz ataynâkum wa fuznâ hîna zurnâkum. Faqûmû wasyfa’û fînâ ilâr-rahmâni mawlâkum. ‘Asâ nuhdzâ ‘asâ nu’thâ mazâyâ min mazâyâkum. ‘Asâ nadzrah ‘asâ rahmah taghsyânâ wa taghsyâkum. Salâmullâhi hayyâkum wa ‘ainullâhi tar’âkum. Wa shallâllâhu mawlânâ wasallam mâ atainâkum ‘Alâl mukhtâri syâfi’înâ wa munqidzinâ wa iyyâkum

Yang Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Wahai Tuanku, semoga salam Allah tetap tercurah padamu. Wahai hamba-hamba Allah, kami datang kepadamu. Kami bermaksud (bersentuhan dengan rohanimu) dan kami berharap (berkahmu). Untuk menolong kami, menyejukkan kami dengan siraman yang berasal darimu, sesuai dengan tekad dan pencapaianmu (selama ini). Maka cintailah dan berikanlah kepada kami hal-hal yang Allah berikan dan hadiahkan padamu.”

“Jangan biarkan pengharapan ini sia-sia, jauhlah engkau semua (dari sifat tega menyia-nyiakan kami). Kami sangat beruntung datang di haribaanmu dan kami amat berbahagia dengan menziarahimu, maka bangkitlah dan syafaatilah kami bermohon pada Allah yang bersifat ar-Rahman, Tuanmu. Mudah-mudahan kami diberi (Allah) keberuntungan dan diberi limpahan karunia yang selama ini dianugerahkan kepadamu.”

“Mudah-mudahan kita dipandang dan dilimpahi rahmat yang akan menyelimuti kami dan engkau. Semoga engkau semakin dihidupkan dengan keselamatan (dari) Allah dan semoga pandangan Allah senantiasa menuntun engkau. Mudah-mudahan rahmat Allah dan keselamatan semakin terlimpah kepada tuan kita, manusia pilihan yang mensyafaati dan menyelamatkan kita.”

Membaca Dzikir dan Surat Pendek

Selain membaca doa diatas, anda juga disarankan untuk membaca beberapa surat pendek ketika berziarah. Selain itu ketika memasuki area kubur sebaiknya diawali dengan mengucapkan salam terlebih dahulu.

Kemudian anda bisa langsung mendatangi makam atau kubur orang yang akan dikunjungi. Kemudian duduk dengan posisi bersila (jika memungkinkan) lalu baca sural Al-Fatihah 3X.

Kemudian lanjutkan dengan membaca surat Al-Ikhlas,AL-Falaq, dan surat An Nas masing-masing 3x. Setelah selesai membaca tiga surat tersebut kemudian kembali membaca Al-Fatihah sebanak satu kali.

Kemudian dilanjutkan dengan membaca Surat Al Baqarah, ayat kursi, dan beberapa dzikir dan shalawat. Kemudian yang terakhir adalah membaca surat Yasin.

Demikianlah Doa Ziarah kubur yang dapat anda baca ketika berziarah ke makam. Menjelang ramadhan biasanya tradisi masyarakat Indonesia adalah berziarah ke makam keluarga untuk mendoakan dan memohonkan ampun.

 

Leave a Comment