Miris!!!Akses Jalan Berlumpur,Warga Sakit di Tandu Ke Puskesmas Sejauh 8 Km

Seorang warga dari Dusun Rapahombo, Desa Klitih, Plandaan, Jombang harus diikul sejauh 8 Km menuju ke Puskesmas terdekat menjadi viral di media sosial. Dilansir dari Detik.com, puluhan warga bergotong royong memikul Sigun yang sedang sakit parah unutk dibawa ke Puskesmas terdekat.

Sigun terpaksa harus ditandu atau dipikul dan tidak bisa dibonceng menggunakan sepeda motor menuju puskesmas terdekat lantaran kondisi sibun yang tidak memungkinkan. Selain itu kondisi jalan di Dusun Rapahombo, Desa Klitih, Plandaan, Jombang tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan selama musim hujan.

warga ditandu

Padi,Kepala dusun setempat mengatakan jika warganya (Sibun,62 th) terpaksa ditandu menuju ke Puskesmas terdekat yang jaraknya hingga 8 Km pada Rabu pagi (29/3/2022).

Alasanya adalah kondisi medan yang naik turun  dan ketika musim hujan seperti saat ini jalanan tanah menjadi berlumpur dan penuh kubangan sehingga tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan.

Didalam sebuah video yang viral di medsos terlihat warga yang bergotong royong dan bergantian memikul Sibun untuk dibawa ke Puskesmas.

“Kalau dibonceng sepeda motor orangnya tidak mampu karena sakitnya agak parah. Pak Sigun punya riwayat sakit TBC,” kata salah satu warga, Rabu (30/3/2022).

Kepala desa menjelaskan ada sekitar 50 warga dari Dusun Rapahombo yang bahu-membahu  mengevakuasi Sigun ke Puskesmas terdekat sejak 05.30 pagi. Para warga beramai- ramai memikul Sigun dengan menggunakan sarung dan pikulan kayu dengan melewati jalan yang berlumpur dan berbatu di tengah hutan.

Warga memikul Sigun hingga 8 Km dari desa menuju ke kampung terdekat yaitu Dusun Dusun Sendang Gogor, Desa Ngepung, Lengkong untuk kemudian dijemput mobil siaga Desa untuk dibawa ke puskesmas terdekat.

Sumber Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rekomendasi Terkait
Menu