Ucapan Selamat Ramadhan Sesuai Sunah dan Penuh Makna

60 Kumpulan Ucapan Selamat Ramadhan Sesuai Sunah dan Penuh Makna

Untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi akan datang, layaknya sebagai umat muslim menyambutnya dengan gembira dan suka cita. Salah satu cara mengungkapan kegembiraan itu adalah dengan mengucapkan selamat Ramadhan 2022 kepada kerabat.

Tak hanya mengucapkan selamat, namun kita sekaligus berdoa dengan apa yang kita ucapkan sekaligus mempererat tali silaturahmi.

Rasulullah SAW, Dalam sebuah riwayat Imam At-Thabarani dan Imam Ad-Dailami dalam menyambut bulan ramadhan Rasulullah SAW selalu mengucap doa seperti ucapan menyambut Ramadhan dengan memohon diberi kesehatan, keselamatan dan juga dijauhkan dari maksiat.

Allāhumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī.

Artinya: “Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.”

Untuk itu sebaiknya kita mengucapkan selamat Ramadhan sesuai dengan sunah, dimana ucapan tersebut adalah bagian dari doa untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Doa yang dipanjatkan adalah doa untuk memohon agar diberikan kebaikan untuk diri sendiri, dan juga sesama saudara si iman yang lain.

Ucapan Menyambut Ramadhan Sesuai Sunah

Berikut ini adalah kumpulan ucapan selamat menyambut ramadhan yang sesuai dengan sunnah, dikutip dari berbagai sumber :

1. Marhaban ya Ramadhan, bulan suci yang penuh berkah tiba. Mari dekatkan diri kepada Allah memperbanyak ibadah, dan menjauhi tindakan yang dilarang-Nya. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga kita termasuk orang beruntung yang menyambut Idulfitri dengan suka cita.

2. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Dalam aliran waktu yang begitu cepat, menjelang bulan puasa ini, izinkan aku berucap maaf jika pernah melukai perasaan, jika pernah berbuat yang menyakitkan, dan semoga kita tiba di bulan suci dengan penuh keridhaan.

3. Setiap manusia tiada luput dari salah dan dosa. Sebelum Ramadhan tiba, izinkan kuucapkan maaf dari lubuk hati yang terdalam. Semoga Allah melimpahkan cinta-Nya untuk kita semua.

4. Jangan sesalkan perpisahan, jika itu untuk kebaikan. Dari jauh aku ucapkan, selamat berpuasa di bulan Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin.

5. Fajar Ramadhan akan segera hadir menerangi dunia, selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga amal kita diterima Allah Taala. Amin ya rabbalalamin.

6. Selembut embun di pagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salam setulus hati, selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan, mohon maafkan lahir dan juga bathin.

7. Tiada bulan yang sesuci Ramadhan. Sebelum menemuinya, izinkan kuucapkan maaf atas segala kesalahan, maaf atas segala ucapan yang menyakitkan, maaf atas segala perbuatan yang melukai hati Mohon maaf dari hati yang terdalam, dan selamat menjalankan ibadah puasa.

8. Ramadhan menjelang, izinkan kuucapkan kata maaf yang mungkin tiada sempat terucap dan menghilang. Semoga Allah menguatkan hati kita berjuang dalam indahnya Ramadhan, dan semoga Allah melapangkan jalan kita untuk mendekati-Nya.

9. Di zaman penjajahan para pahlawan berjuang mati-matian melawan kompeni dan tentara Jepang. Sementara di bulan Ramadhan ini kita umat Muslim berperang sekuat tenaga melawan hawa nafsu. Semoga Ramadhan kali ini kita semua dapat mengalahkan hawa nafsu dan menuju kemenangan hati dalam Idulfitri.

10. Seluruh alam berzikir menyambut bulan penuh berkah. Kemuliaan bulan seribu bulan. Saat Allah memberikan ampunan. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

11. Marhaban ya Ramadhan, bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

12. Ibarat roda yang berputar, tak terasa debu dan kerikil mengotori pula menggoresnya. Begitulah perjalanan hidup kita tak pernah luput dari berbagai kesalahan dan menjadi noda. Maka di bulan yang suci dan penuh rahmat ini, mari kita maksimalkan ibadah kita. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Check Also

Inilah Frekuensi O Channel Terbaru

Inilah Frekuensi O Channel Terbaru

Frekuensi O Channel Terbaru – Pada 2005, O channel didirikan atas kerjasama dari MRA Media …