Cara Mengatasi Tabung Gas Yang Bocor dengan Mudah

Cara Atasi Tabung Gas Yang Bocor dengan Mudah – Semenjak adanya tabung gas, kini masyarakat sudah beralih dari yang sebelumnya menggunakan kayu bakar karena tabung gas dirasa lebih simpel. Terlebih lagi untuk kayu bakar sendiri sudah mulai susah untuk dicari.

Meskipun penggunaan tabung gas ini dirasa lebih efektif oleh masyarakat, tetapi terkadang ada rasa was-was karena ada banyak kejadian tentang tabung gas yang bocor sehingga menyebabkan kebakaran.

Meskipun tabung gas sudah dilengkapi dengan regulator yang aman, tapi kita harus tetap waspada dengan kemungkinan yang akan terjadi. Karena itu ada cara untuk mengatasi ketika kalian mengalami tabung gas yang bocor.

Cara Atasi Tabung Gas Yang Bocor

Berikut adalah cara atasi tabung gas yang bocor

1. Segera Cabut Regulator

Ketika kalian sudah mengetahui adanya kebocoran pada tabung gas, maka segeralah kalian cabut sebelum kebocoran tersebut bertambah parah.

Jika tidak segera kalian cabut maka maka gas akan semakin cepat meledak dan banyak gas terkumpul di ruangan sehingga bisa membahayakan kalian sendiri karena akan menghirup banyak gas.

2. Buka Ventilasi Udara

Jika regulatornya sudah kalian cabut, maka segeralah buka ventilasi rumah kalian atau dapur supaya sirkulasi udara lancar dan gas yang bocor akan segera hilang.

Jika memungkinkan, bawa langsung gas keluar rumah supaya tidak memicu adanya ledakan, karena jika tidak dibawa maka agas akan semakin banyak terkumpul di dalam ruangan.

3. Hindari Dari Kontak Listrik

Jika kalian sudah mengetahui adanya kebocoran pada tabung gas kalian, maka segeralah matikan kompor kalian supaya tidak memicu ledakan karena akan semakin banyak gas yang keluar.

Selain itu, kalian matikan juga semua yang berkaitan dengan jaringan listrik seperti lampu, hal ini juga bertujuan supaya tidak memancing adanya ledakan.

4. Tutup Tabung Gas Dengan Kain Basah

Pada beberapa kasus atau mungkin bisa terjadi kepada kalian ketika ada kebocoran langsung ada percikan api di sekitar tabung. Maka kalian harus tetap tenang dan segera ambil kain lalu basah kan, jika sudah langsung kalian tutup di bagian permukaan tabung.

Dengan menutup bagian tersebut menggunakan kain basah, maka akan membuat apinya padam sehingga tidak akan terjadi ledakan. Jadi kalian harus tetap tenang untuk mengatasi hal tersebut supaya lebih cepat dan tepat untuk mengatasi masalah kebocoran.

Sebelum terjadinya kebocoran tersebut maka kalian harus memeriksa regulator secara berkala, biasanya kebocoran yang terjadi ini dikarenakan regulator sudah terlalu lama digunakan sehingga rapuh. Selain itu juga ada kemungkinan ada keretakan pada regulator.

Oleh karena itu kalian harus mengantisipasi hal tersebut dengan baik dan jika sudah terlihat tanda-tanda regulator tersebut rusak. Maka lebih baik kalian mengganti regulator tersebut dengan yang baru.

 

Leave a Comment