Cara Untuk Menjadi Star Seller di Shopee dan Syarat nya

Cara Untuk Menjadi Star Seller di Shopee dan Syarat nya – Jika kita bicara tentang belanja online, pasti yang ada pada benak kita adalah beberapa marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Shopee dan lain sebagainya.

Tetapi dari sekian banyaknya marketplace, tidak dipungkiri lagi bahwa Shopee telah menjadi tempat belanja online yang sangat besar, hal ini bisa dibuktikan dengan setiap kali ada tanggal promo pasti jasa pengiriman akan penuh.

Tidak bisa dipungkiri bahwa orang-orang yang belanja di Shopee pasti mencari toko yang star seller karena sudah banyak orang yang beli, sehingga tingkat kepercayaan para konsumen semakin bertambah terhadap toko tersebut. Tentunya hal ini menjadi keuntungan bagi pemilik toko online.

Syarat Untuk Jadi Star Seller

Ada beberapa syarat supaya toko online Shopee kalian menjadi star seller.

1. Membalas chat konsumen minimal 70%

Shopee akan memberikan predikat star seller kepada para penjual penjual yang aktif membalas chat konsumen atau aktif melayani konsumen minimal 70%.

2. No KTP penjual sudah di daftarkan dan di verifikasi oleh Shopee

Sebenarnya syarat ini merupakan syarat utama supaya kalian menjadi star seller di Shopee. Kalian harus mengirim foto KTP dan foto kalian kepada Shopee.

3. Rating Minimal 4,5

 Status star seller merupakan penghargaan dari Shopee kepada para penjual ketika toko tersebut sudah memiliki rating yang baik minimal 4,5. Semakin tinggi rating toko tersebut maka akan semakin tinggi juga kepercayaan para konsumen terhadap produk dari toko tersebut.

4. Minimal 50 transaksi sukses setiap bulannya

Syarat yang satu ini tidak akan berat jika toko kalian memang menjual produk yang berkualitas dan punya pangsa pasar yang Luas. Selain minimal 50 transaksi sukses, kalian juga wajib melayani minimal 25 pembeli yang berbeda setiap bulannya.

5. Persentase pesanan yang dibatalkan sedikit

Persentase maksimal untuk pesanan yang dibatalkan adalah 10% baik itu oleh penjual maupun pembeli. Hal ini akan menjadi nilai tersendiri dari Shopee karena menunjukan tingkat pelayanan sang penjual kepada para konsumennya.

Rekomendasai :

Keuntungan Menjadi Star Seller

Adapun juga beberapa keuntungan lain yang bisa di dapatkan oleh penjual ketika sudah menjadi star seller yaitu :

1. Meningkatkan Kredibilitas Penjual di Mata Konsumen

Menjadi Star Seller di Shopee memberikan penanda khusus pada profil toko kamu yang secara visual membedakan kamu dari penjual lain. Ini berfungsi sebagai bukti pengakuan dari Shopee atas kinerja penjualan yang baik dan layanan pelanggan yang berkualitas. Kredibilitas ini penting karena pembeli cenderung lebih percaya dan merasa aman saat berbelanja di toko dengan reputasi yang baik. Ini secara tidak langsung meningkatkan peluang pembelian karena pembeli lebih cenderung memilih toko yang mereka percayai.

2. Meningkatkan Omzet Penjualan

Status Star Seller seringkali dikaitkan dengan peningkatan omzet. Hal ini terjadi karena beberapa alasan. Pertama, kredibilitas yang lebih tinggi mendorong lebih banyak pembelian. Kedua, toko Star Seller sering mendapatkan visibilitas lebih tinggi di dalam platform, baik melalui pencarian maupun promosi oleh Shopee, yang berarti lebih banyak calon pembeli melihat produk kamu. Ketiga, fitur dan alat promosi tambahan yang tersedia bagi Star Seller dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan.

3. Menarik Lebih Banyak Konsumen

Shopee memberikan toko Star Seller eksposur lebih dalam berbagai cara, termasuk penempatan yang lebih baik dalam hasil pencarian dan kemungkinan fitur dalam promosi platform. Ini berarti produk kamu lebih mungkin dilihat oleh pembeli potensial. Selain itu, pembeli yang mencari produk sering menggunakan filter untuk menampilkan hanya Star Seller, yang berarti status ini dapat secara signifikan meningkatkan jumlah pengunjung toko kamu.

4. Meningkatkan Popularitas Nama Toko

Menjadi Star Seller tidak hanya meningkatkan kredibilitas dan penjualan kamu, tapi juga membantu dalam membangun merek toko kamu. Dengan kualitas layanan yang konsisten dan pengakuan dari Shopee, nama toko kamu menjadi lebih dikenal di kalangan pembeli. Ini dapat membantu dalam menghadirkan pelanggan setia dan meningkatkan word-of-mouth yang positif, yang sangat berharga dalam jangka panjang.

Itulah cara dan syarat yang kamu penuhi untuk bisa menjadi star seller di Shopee. Sekian yang bisa Mino sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat, dan  sampai jumpa di pembahasan lain mengenai Teknologi-Bisnis di artikel teknowarta selanjutnya!

 

Leave a Comment