10 Cara Mengatasi Mual Ketika Hamil Muda

10 Cara Mengatasi Mual Ketika Hamil Muda

10 Cara Mengatasi Mual Ketika Hamil Muda – Perasaan mual itu sudah sering dirasakan oleh calon ibu ketika sedang hamil muda dan perasaan mual tersebut bisa muncul kapan saja. Perasaan mual ini bisa saja mengganggu aktivitas dan tidak ada obat untuk mengatasinya. Karena itu ada beberapa cara untuk mengatasi mual ketika sedang hamil muda.

1. Makan Sedikit Namun Sering.

Pada saat mual karena mengidam terkadang kalian tidak ingin makan, tetapi makan itu penting supaya kalian mendapatkan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh kalian dan juga bayi kalian. Usahakan supaya perut kalian tidak kosong dengan cara makan makanan dalam jumlah sedikit namun sering.

2. Perbanyak Minum.

Minum yang banyak itu sangat penting bagi kalian supaya terhindar dari dehidrasi terutama bagi kalian yang sering merasa mual. Jika semakin terhidrasi maka kalian akan semakin merasakan mual, karena itulah perbanyak minum air putih.

Kalian harus berusaha minum sekitar 7-8 gelas air putih sehari, Meskipun begitu, hindari minum terlalu banyak karena air bisa menimbulkan perasan kenyang sehingga kalian tidak merasa lapar sepanjang hari sedangkan kalian juga perlu asupan makan untuk kalian sendiri dan janin.

3. Makan Kudapan Kue Kering atau Cracker.

Sebagian wanita yakin bahwa creaker bisa mengatasi mual. Krecker merupakan cemilan yang sangat cocok karena harga nya murah, mudah dibawa dan juga mudah untuk dicerna.

4. Makan Makanan yang Hambar.

Usahakan untuk hanya memakan makanan hambar seperti contohnya nasi yang tanpa adanya tambahan bumbu. Dan juga usahakan untuk menghindari makanan-makanan yang pedas, asam dan makanan-makanan yang digoreng yang bisa mengacaukan perut kalian.

5. Hindari Makanan Berbau

Dengan memakan makanan yang berbau tertentu tentunya akan membuat kalian mual, seperti bau pizza atau bau-bau makanan lainnya. Setelah kalian mengetahui bau yang membuat kalian mual maka kalian harus menghindarinya.

6. Menggosok Gigi.

Gosoklah gigi kalian secara menyeluruh dan jangan lupa berkumurlah dengan obat kumur setelah makan, hal ini bisa mencegah bau dan rasa makanan yang menempel pada gigi.

7. Jangan Berbaring Setelah Makan.

Setelah makan usahakan kalian jangan berbaring dahulu, setidaknya tunggulah 30 menit setelah makan karena posisi berbaring bisa menggangu  pencernaan dan menyebabkan mual.

8. Carilah Udara Segar.

Carilah udara yang segar dan jika perlu lakukan olahraga ringan. Tarik nafas dalam-dalam dari hidung lalu keluarkan melalui mulut.

9. Minum Perasan Lemon.

Lemon mempunyai efek bisa menenangkan secara alami yang bisa untuk meredakan mual dan juga bisa membuat kalian merasa segar dan ceria. Cobalah kalian minum perasan lemon yang telah dicampur dengan air hangat untuk mengatasi mual.

10. Minuman Jahe.

Jahe sudah digunakan sejak berabad-abad yang lalu untuk meredakan rasa mual. Cobalah kalian meminum minuman jahe asli dengan menambahkan potongan jahe yang di iris tipis ke dalam air panas. Jika minuman jahe tersebut tidak berhasil, maka kalian bisa mencoba cemilan yang terbuat dari jahe.

Leave a Reply

Your email address will not be published.