Cara Mengimport Preset Lightroom di HP Android & iPhone

Cara Mengimport Preset Lightroom di HP Android & iPhone

Cara Mengimport Preset Lightroom – Apa itu Adobe Lightroom? Adobe Lightroom atau sering di sebut juga dengan Lr letaknya adalah aplikasi edit foto yang bisa kita gunakan di PC ataupun Laptop. Lighroom juga tersedia di HP Android dan juga iPhone (IOS). Tentu saja ini sangat berguna bagi kita yang tidak memiliki PC atau Laptop akan tetapi ingin merasakan juga mengedit foto melalui Lghroom ini.

Lightroom banyak menjadi pilihan orang-orang karena aplikasi yang satu ini memiliki kemampuan mengatur Tone Warna dan menambahkan banyak efek. Akan tetapi, hanya orang-orang tertentu saja yang benar-benar paham dengan fitur-fitur dari Lighroom tersebut.

Tetapi sekarang kalian tidak perlu khawatir, karena sekarang kita sudah bisa memasukan preset-preset di lighroom. Jadi kita hanya perlu memasukan sebuah foto, maka secara otomatis foto tersebut akan ber efek atau memiliki Tone warna yang sama persis seperti yang ada di Preset tersebut.

Pada artikel kali ini akan membahas cara memasukan preset di HP android maupun iPhone. Bagi kalian yang belum tahu cara meng import preset Lighroom ke iPhone atau IOS juga akan di bahas di bawah ini

Cara Memasukkan (Import) Preset Lightroom

File Preset yang bisa kita import ke lighroom ini ada 2 jenis, yaitu preset Lr berformat .DNG dan .XMP. Tapi, Preset yang paling sering di gunakan adalah preset yang berformat DNG.

Supaya lebih mudah dimengerti, penjelasannya telah dibagi seperti dibawah. Yang perlu kalian siapkan hanyalah aplikasi Lighroom CC dan juga preset Lighroom baik itu yang berformat .DNG ataupun .XMP.

Trending :  7 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Menjadi Anime Terbaik

Memasukkan Preset Lighroom (File .DNG)

Berikut cara memasukkan preset format DNG di Lightroom:

  • Sebelumnya pastikan dulu file preset kalian sudah berformat .dng, jika masih berformat ZIP atau RAR, maka kalian ekstrak terlebih dahulu.
  • Silahkan buka aplikasi Lightroom kalian.
  • Kemudian, tap pada icon AddGambar berwarna biru pada bagian bawah.
  • Pilih dan tandai gambar yang memiliki tulisan RAW. Gambar tersebut merupakam file preset dng yang tadi. Lalu tap pada tombol Tambahpada bagian bawah.
  • Selanjutnya, silahkan kembali ke menu awal. Kemudian buka  menu Semua Foto. Sebenarnya kalian juga bisa membuat folder baru. Jadi, letaknya itu bukan pada menu Semua Foto.
  • Silahkan kalian Pilih gambar preset yang tadi.
  • Setelah itu, Kalian masuk ke menu pengeditan. Silahkan kalian tap ikon titik tigadi pojok kanan atas.
  • Jika sudah, Berilah Nama presetnya dan tap pada tanda ✓

Memasukkan Preset Lighroom (File .XMP)

Berikut adalah cara memasukkan preset format XMP di Lightroom:

  1. Pastikan terlebih dahulu kalian sudah mempunyai preset .xmp untuk Lightroom.
  2. Selanjutnya, silahkan kalian masuk ke File Manager pada HP kalian.
  3. Setelah itu kalian Salin file preset kalian ke: Penyimpanan Internel > android > data > com.adobe.irmobile > files > carouselDocuments > 000000000xxxxx > Profiles > Settings > UserStyles >.
  4. Nah, kemudian kalian buka aplikasi Lightroom.
  5. Edit foto dan cek pada menu Preset.
  6. Maka preset yang baru sudah ada disana.

Cara Menggunakan Preset Lightroom

Jika kamu sudah berhasil menambahkan preset di Lightroom, langkah selanjutnya adalah menggunakan preset tersebut. Lalu bagaimana cara nya menggunakan preset Lightroom ini? Menggunakan preset Lightroom jauh lebih mudah. Kita tidak usah mengatur Tone warna karena Settingan yang akan diterapkan adalah settingan yang digunakan pada preset tersebut.

Trending :  5 Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik Untuk Smartphone

Berikut cara menggunakan preset Lightroom:

  1. Silahkan buka aplikasi Lightroom Anda.
  2. Silahkan kalian pilih foto yang akan kalian gunakan untuk preset tersebut.
  3. Nah, untuk menerapkan preset Lightroom tadi, silahkan tap menu Preset.
  4. Pilih Presetel Pengguna.
  5. Nah, silahkan pilih preset yang tadi.

Cara Memasukkan (Import) Preset Lightroom di iPhone

Untuk kalian para pengguna iPhone (Ios) yaitu iPhone, cara memasukkan preset Lightroom di iPhone (iOS) tidak jauh berbeda dengan cara yang di Android tadi. Hanya saja preset format XMP tidak bisa di gunakan di IOS. Jadi, kalian bisa ikuti saja cara seperti di atas yang menggunakan format DNG

Akhir Kata

Jadi, kalian bisa ikuti saja cara import preset DNG ke Lightroom diatas. Silahkan kalian tambahkan preset format DNG ke Lightroom yang ada pada HP iPhone kalian. Sekian artikel tentang Cara Mengimport Preset Lightroom di HP Android & iPhone,semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.