Cara Mudah Membuat Proposal Terbaru

Cara Mudah Membuat Proposal Terbaru

Cara Mudah Membuat Proposal – Apa itu proposal?Secara umum Proposal dapat diartikan sebagai rencana kegiatan yang dituangkan dalam bentuk rancangan.

Perencanaan untuk pengajuan atau perizininan harus di tuliskan dengan baik dan benar supaya pihak yang berkepentingan dapat memahaminya dengan baik.

Perlu diketahui sebelum membuat sebuah proposal, adalah tujuan dari pembuatannya itu sendiri adalah untuk mendapatkan persetujuan atau perizinan,bantuan dana dan infrastruktur yang dibutuhkan.

Oleh karena itu dalam membuatnya tidak boleh sembarangan dan harus berdasarkan tata cara pembuatan yang baik dan benar.

Cara Mudah membuat Proposal yang baik dan benar

Tentukan Topik

Sama halnya seperti membuat makalah atau laporan, dalam membuat sebuah rancangan kerja,  kamu juga harus menentukan topik yang akan menjadi pokok bahasan terlebih dahulu.

Apapun jenis pengajuan yang ingin kamu buat, yang harus diperhatikan adalah topic proposal.

Sebisa mungkin Pilihlah topik yang bisa menarik para pembaca pengajuan yang isinya jelas sehingga nanti rancangan kerja kamu akan semakin mudah untuk disetujui.

Tentukan Struktur 

Sesudah menentukan topic , selanjutnya tentukan struktur proposal kamu. Kamu bisa menggunakan struktur seperti berikut sebagai referensi :

  • Struktur Proposal Bisnis.
  • Struktur Proposal Proyek.
  • Struktur Proposal Penelitian.
  • Struktur Proposal Kegiatan.

Pada dasarnya untuk membuat rancangan kerja tidak harus dengan berpedoman pada struktur diatas, dan struktur diatas tidak harus kamu buat. Tetapi, semakin lengkap, maka akan semakin mudah pembaca untuk memahami proposal yang kamu buat.

Buat Kerangka 

Langkah selanjutnya adalah membuat kerangka untuk mempermudah kamu dalam hal penyusunan. Kerangka ini nantinya bisa berisi poin-poin penting yang akan  kamu sampaikan di dalam rancangan kerja kamu.

Objektifitas

Objektifitas disini adalah,ketika kamu sedang menulis proposal kamu harus berpegang pada fakta yang ada. Jangan sampai kamu mengarang dan tidak sesuai dengan fakta dilapangan. Jangan sampai kamu mengarang bebas.

Data yang kamu tuliskan harus benar-benar adanya,dan juga masuk akal serta dapat dipertanggungjawabkan.

Perhatikan Format Penulisan

Salah satu hal terpenting ketika melakukan penulisan adalah kamu wajib memperhatikan format dari penulisan. Karena hal ini dapat menjadi faktor penentu apakah disetujui atau tidak proposal yang kamu ajukan.

Gunakanlah bahasa dan kata yang baku, baik, dan benar serta usahakan untuk menggunakan kalimat efektif yang jelas.

Agar lebih terlihat rapi dan mudah dibaca,sebaiknya kamu menghindari kesalahan ejaan ataupun penulisan yang kamu buat.

Pendahuluan 

Dalam pendahulan terdapat dua bagian yaitu.

  • Tujuan kegiatan
  • Latar belakang kegiatan

Pada latar belakang harus mempunyai alaasan  yang tepat kenapa suatu kegiatan itu harus diadakan. Sedangkan bagian tujuan dari kegiatan diharapkan untuk memuat hasil kegiatan yang diadakan tersebut.

Isi 

Isi dari tulisanmu haruslah berisi delapan bagian utama yaitu tema,peserta,alat yang diperlukan,waktu,tempat,susunan acara,susunan panitia,biaya,dan macam-macam.

Penutup

Pada penggalan diujung tulisan harus diberi kalimat penutup yang isinya sebuah harapan untuk memberikan suatu dukungan pada pihak kelompok terkait, supaya kegiatan yang akan diadakan dapat diselenggarakan tanpa adanya halangan, sehingga bisa bejalan dengan lancar.

Kesimpulan

Membuat proposal harus sesuai dengan data yang ada dilapangan. Buatlah dengan sedetail mungkin dan jangan lupa perhatikan bahasa dan penulisan yang benar agar mudah dipahami.

Menulis proposal yang benar dapat menjadi salah satu faktor penentu apakah rancanganmu akan diterima atau tidak,jadi buatlah proposal sebaik mungkin.

Demikian pembahasan Teknowarta.com tentang cara membuat proposal dengan mudah,semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.