Cara menghitung kebutuhan keramik 60x60

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik 60×60 Dengan Mudah

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik 60×60 – Ketika sedang membangun atau merenovasi sebuah rumah atau bangunan yang menggunakan keramik,perlu memperhitungkan kebutuhan dengan teliti agar bisa menyesuaikan budget. Namun nyatanya masih banyak yang tidak tahu cara menghitung keramik sesuai kebutuhan.

Penggunaan keramik dengan ukuran 60×60 dapat menjadikan ruangan terkesan lebih luas,dibandingkan jika menggunakan ukuran yang lain.

Ketika menggunakan keramik,maka memerlukan perhitungan yang matang

Untuk itulah diperlukan perhitungan yang matang ketika akan menggunakan keramik dengan ukuran 60×60. Perhitungan yang kebutuhan keramik yang tepat bisa menghemat biaya lho nantinya,karena kita potensi kelebihan keramik menjadi semakin kecil.

Atau bisa saja kita meminta diskon kepada toko material karena membeli langsung dalam jumlah yang banyak,hehehe. Maka dari itu sebaiknya kita tahu cara menghitung kebutuhan keramik 60×60 supaya lebih hemat.

Saat ini sudah semakin banyak rumah yang beralih menggunakan keramik dan granit. Tentu saja hal ini membuat munculnya berbagai jenis keramik dengan beragam motif dan ukuran.

Dipasaran biasanya keramik dijual dalam satuan Dus,namun banyak juga yang menjualnya eceran per buah. Dalam satu dus biasanya berisi 3-4 buah keramik,tergantung dari jenis dan merek keramik.

Untuk mengetahui berapa keramik yang dibutuhkan,maka wajib menentukan terlebih merk keramik yang akan digunakan. Hal ini berguna untuk mengetahui isi dalam satu dus keramik.

TRENDING :  Berapa Roll Wallpaper Untuk Kamar 3x3?Ini Cara hitungnya

Kemudian untuk menghitung jumlah keramik yang dibutuhkan,maka digunakan rumus matematika sederhana untuk menghitungnya. Cara menghitung kebutan keramik 60×60 sama saja dengan cara menghitung kebutuhan keramik ukuran 50×50,atau ukuran yang lainya.

Cara Menghitung Kebutuhan Keramik 60×60

Langsung saja,berikut adalah cara menghitung kebutuhan keramik ukuran 60×60 dengan mudah dan cepat.

Menghitung Luas Lantai

Sebelumnya kita ambil contoh menggunakan 1 dus berisi 4 keping keramik,berarti 4 x (o,6 m x 0,6 m) = 1,44 m2. Dari perhitungan diatas,makan 1 dus keramik memiliki luas 1,44 merter persegi.

Selanjutnya adalah menghitung luas keseluruhan bangunan yang akan dipasang keramik 60×60. Kita ambil contoh bangunan dengan ukuran 10×10 m,maka cara menghitung keburuhan keramik 60×60 adalah sebagai berikut :

  • Luas bangunan: 10 m x 10 m
  • Luas satu keramik 0,36 m2
  • Volume pekerjaan: 10 m x 10 m = 100 m2
  • Jumlah keramik 60×60 = luas lantai di bagi¬† (/) 0,36 m2
  • Maka jumlah keramik yang dibutuhkan adalah 100/0,36 = 277,7 dibulatkan menjadi 278 buah.
  • Kemudian tadi kita ambil contoh 1 dus keramik berisi 4 buah,maka: 278/4=69,5 dan dibulatkan menjadi 70 dus keramik.

Kemudian biaya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah : Jumlah dus yang dibutuhkan, 70 dus x harga per kardus keramik.

Kelebihan Keramik Ukuran 60×60

Menggunakan keramik dengan ukuran 60×60 juga memiliki keunggulan tersediri,dan berikut adalah kelebihan menggunakan keramik 60×60:

  1. Keramik ukuran 60×60 cm yang ada dipasaran biasanya lebih tebal dibandingakan dengan ukuran yang lainya.
  2. Karena banyak peminatnya,motif keramik 60×60 juga semakin variatif.
  3. Meskipun sama-sama satu ukuran,biasanya keramik memiliki selisih ukuran dan keramik dengan ukuran 60×60 memiliki selisih ukuran yang sangat kecil.
  4. Keramik 60×60 memiliki kualitas yang bagus dan durabilty yang tinggi.
  5. Pemasangan dan perawatanya tergolong mudah
TRENDING :  Cara Menghitung Kebutuhan Keramik 50x50

Kekurangan Keramik Ukuran 60×60

Seperti kata pepatah “Tak ada gading yang tak retak”,begitu pula dengan keramik ini. Meskipun memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan keramik lain,namun tetap saja masih memilki kelemahan.

Berikut ini adalah beberapa kelemahan dari keramik 60×60:

  1. Biasanya struktur dari keramik 60×60 berbeda antara satu keramik dengan yang lain.
  2. Karena ukuran yang cukup lebar,terkadang lebih riskan ketika dipotong.
  3. Keramik ini mudah terlepas ketika terkena getaran secara terus menerus.

Akhir Kata

Dari penjelasan teknowarta.com diatas,dapat diambil kesimpulan bahwa Cara Menghitung Kebutuhan Keramik 60×60 adalah sama dengan menghitung keramik ukuran berapapun. Begitu juga jika ingin menghitung kebutuhan keramik untuk digunakan pada dinding.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.