Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Menyala Tetapi Lampu Power Hidup

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Menyala Tetapi Lampu Power Hidup

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Menyala Tetapi Lampu Power Hidup – Sekarang ini banyak orang yang lebih memilih menggunakan laptop dibandingkan dengan komputer desktop. Alasan utama mereka menggunakan laptop adalah lebih fleksibel dan bisa dibawa ke mana saja. Namun terkadang kita dibuat kesal ketika laptop mengalami masalah seperti tiba-tiba mati sendiri blue screen, atau laptop tidak bisa nyala namun lampu power masih hidup.Apalagi jika laptop sedang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang sangat penting pasti akan membuat pesan dan kesal.

Ada banyak faktor yang membuat Laptop tiba-tiba mati sendiri ataupun mengalami error, seperti penggunaan yang terlalu over  secara Terus-menerus untuk mengerjakan tugas yang berat sehingga membuat laptop menjadi lebih panas, apalagi jika ditambah dengan sirkulasi udara yang buruk.

Tapi jangan khawatir Dan Panik karena belum tentu laptop tidak bisa nyala tapi lampu charger hidup dikarenakan  kerusakan yang parah, bisa saja penyebab dari laptop tidak bisa nyala tanya dikarenakan hal yang sepele. Berikut ini teknowarta.com akan memberikan sedikit tips dan trik yang mungkin bisa membantu untuk mengatasi permasalahan laptop kalian, sehingga kalian bisa memperbaiki sendiri tanpa harus dibawa ke service center.

Cara mengatasi laptop yang tidak bisa menyala tetapi lampu Power hidup.

Cek Kondisi Baterai Laptop

Seperti yang sudah mimin sampaikan di atas, laptop tidak bisa menyala atau mati tiba-tiba tidak selalu dikarenakan kerusakan yang berat.  bisa saja hal ini dikarenakan hal yang sepele seperti  baterai yang sudah habis atau kosong dan juga Kondisi baterai yang sudah soak.

Hal ini sering terjadi ketika laptop masih menyala  namun tanpa kalian sadari bahwa sebenarnya baterai laptop sudah akan habis. jadi ketika Laptop tiba-tiba mati tetapi lampu power masih tetap hidup atau kadang berubah menjadi warna merah, terkadang kalian mengira laptop kalian rusak. untuk mengatasi hal ini kalian hanya tinggal menyebut nyambungkan Charger ke laptop.

Masalah Pada RAM

Selanjutnya jika laptop kalian dalam kondisi mati namun power masih menyala, yang harus kalian Cek adalah RAM.  karena sering terjadi ketika laptop Jarang digunakan sehingga membuat RAM menjadi kotor ataupun longgar.

Untuk mengatasi hal ini cukup mudah, pertama kalian harus membongkar laptop kemudian coba untuk melepas RAM dan membersihkan kan PIN Kuningan yang ada pada Ram dengan menggunakan penghapus. 

Pasang kembali RAM dan pastikan sudah kencang, kemudian Nyalakan kembali laptop kalian. jika kondisi masih tetap mati dan tidak ada perubahan maka kalian harus mencoba untuk mengganti RAM dengan yang baru.

Kerusakan Pada Processor

Dalam sebuah laptop ataupun komputer processor adalah komponen yang paling utama dan menjadi otak dari laptop. jika laptop sampai mengalami masalah maka secara otomatis laptop tidak dapat menyala.

Untuk melakukan pengecekan terhadap processor caranya akan lebih rumit dibandingkan dengan membersihkan RAM, kalian harus sangat berhati-hati ketika membongkar processor dan membersihkannya. karena jika sampai kaki kaki pada prosesor ada yang patah maka dipastikan processor rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Cobalah untuk mengganti pasta processor atau thermal pasta dengan yang baru, namun sebelumnya Bersihkan dahulu thermal pasta yang ada pada prosesor dengan hati-hati.

Terjadi Kerusakan Pada Harddisk

Pada laptop-laptop tertentu kerusakan pada harddisk dapat menyebabkan laptop tidak menyala namun lampu power masih tetap menyala. Untuk mengatasinya cobalah untuk membongkar laptop kemudian bersihkan hardisk.

Jika dengan menggunakan cara-cara diatas laptop masih tetap mati dan tidak menyala, maka Mimin sarankan untuk dibawa ke service center.

Itulah beberapa tips dan trik cara mengatasi laptop yang tidak nyala  namun lampu power hidup.  permasalahan ini sering terjadi jika laptop tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.