Penyebab AC Menjadi Tidak Dingin Setelah Dicuci

Penyebab AC Menjadi Tidak Dingin Setelah Dicuci

Penyebab AC Menjadi Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya – Air conditioner atau AC adalah alat yang digunakan untuk mendinginkan suhu suatu ruangan. Saat ini penggunaan saya di masyarakat Indonesia sudah sangat banyak. Penggunaan AC secara terus-menerus biasanya akan menyebabkan AC kotor dan kemudian menjadi tidak dingin. Oleh karena itu perlu dilakukan perawatan dan maintenance agar AC Tetap dingin.

Perawatan yang paling utama dan harus dilakukan adalah membersihkan seluruh komponen AC dengan dicuci agar tidak ada kotoran yang menyumbat saluran AC dan menyebabkan AC menjadi tidak dingin.

Namun terkadang pencuci AC malah justru menimbulkan masalah, yaitu AC menjadi tidak dingin dan bahkan tidak mengeluarkan angin sama sekali.

Hal ini terjadi bisa disebabkan dikarenakan ada salah satu komponen penting yang terkena air sehingga AC tidak dapat berfungsi dengan normal.

AC Tidak Dingin Setelah Dicuci

Berikut ini teknowarta.com akan membahas penyebab yang mungkin terjadi AC menjadi tidak dingin setelah dicuci:

  1. Modul PCB atau Terkena Air

Karena AC menjadi tidak dingin setelah dicuci Berarti ada kemungkinan PCB modul ataupun sensor ada yang terkena air. Hal ini dapat menyebabkan konsleting pada komponen tersebut dan membuat AC menjadi tidak bekerja dengan normal.

Sensor dan PCB modul seharusnya aman dari air pada saat mencuci AC. Karena jika sampai PCB modul terkena air, maka dapat menyebabkan hembusan angin dari AC kurang maksimal atau lebih parahnya bisa menyebabkan AC mati.

Dan untuk memastikannya sebaiknya bongkar PCB modul, lalu kemudian keringkan.

  1. Freon Habis

Periksa freon AC Apakah dalam kondisi masih terisi atau sudah habis meskipun sebenarnya nya antara mencuci AC dan freon.

Namun tetap tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan pada freon AC, karena terkadang pipa sirkulasi pada AC bisa saja bocor dan menyebabkan freon AC menjadi cepat habis.

Jika sampai ini terjadi maka harus dilakukan service 1 pengelasan kepada pipa sirkulasi agar freon tidak lagi bocor.

  1. Mesin Kompresor Sudah Lemah

Terakhir jika memang sudah dilakukan pengecekan pada modul PCB dan freon AC namun semuanya Masih normal, maka perlu dilakukan pengecekan terhadap mesin kompresor.

Mesin kompresor ini berguna untuk memompa freon yang akan kemudian disebarkan ke dalam sistem AC.

  1. Pengaturan Ac tidak sesuai

Terkadang tanpa disadari setting pada remote AC bisa menyebabkan AC menjadi tidak dingin. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan dan mematikan mode yang menyala pada remote AC bukan pada heat ataupun dry 

Kasus ini sering terjadi pada pengguna baru dan belum terbiasa menggunakan AC.

Cara Mengatasi Ac yang tidak Dingin

Di atas kita sudah sama-sama membahas tentang penyebab-penyebab yang dapat menyebabkan AC menjadi tidak dingin. Dan berikutnya kita akan membahas Bagaimana cara mengatasi AC yang tidak dingin.

  • Tambah Freon 

Seperti yang sudah dibahas di atas, sebaiknya sebelum menambahkan file on ada baiknya untuk mengecek saluran pipa freon. Pastikan kondisi saluran pipa dalam keadaan normal dan tidak ada kebocoran agar freon menjadi tidak sia-sia.

  • Menyesuaikan Pengaturan Remote

Untuk menyesuaikan pengaturan remote AC pada setiap merek AC tentu akan berbeda-beda, namun pada dasarnya semua sama. Pastikan pada layar AC mode yang sedang berjalan adalah mode auto atau cool dan bukan mode dry atau Heat. Kemudian pastikan pengaturan venato kipas sudah maksimal.

  • Pastikan Semua Komponen Ac Kering setelah dicuci

Jika AC baru saja dicuci sebaiknya periksa kembali modul PCB dan sensor sensor pastikan benar-benar kering dan tidak ada air. Karena jika komponen-komponen tersebut basah maka dapat menyebabkan konsleting dan AC menjadi tidak normal bahkan mati.

Demikian pembahasan kita mengenai AC tidak dingin setelah dicuci. Untuk menghindari komponen yang menjadi rusak sebaiknya selalu pastikan komponen AC dalam keadaan kering setelah dicuci sebelum Menyalakan AC.