Fungsi dan Bagian - Bagian Blender

Fungsi dan Bagian – Bagian Blender

Fungsi dan Bagian – Bagian Blender – Blender adalah peralatan elektronik yang digunakan untuk menghaluskan bahan makanan yang keras. Blender menggunakan mata pisau yang terhubung dengan roda gigi dari wadah blender lalu kemudian disalurkan ke motor.

Terdapat beberapa bagian-bagian penting di dalam blender yang pada umumnya pada setiap jenis blender bagiannya sama ma, dan yang membedakan hanyalah pada bahan yang digunakan dan fitur yang dimiliki.

Bagian utama dari blender yang terdiri dari dua bagian yaitu wadah brander dan tatakan wadah yang terdapat motor penggerak roda-roda gigi. Kecepatan putaran pada motor banner dapat diatur dengan menggunakan speed control yang biasanya terdapat pada bagian depan blender.

Fungsi blender dalam rumah tangga

Sebelum blender banyak digunakan, jika ingin menghaluskan ataupun memecah makanan, biasanya dilakukan dengan cara mengulek nya. Fungsi dari blender yang dapat menghancurkan serta menghaluskan bahan makanan membuat pekerjaan di dapur menjadi lebih ringan. Selain untuk menghaluskan bahan makanan blender juga sering digunakan untuk membuat jus dari buah-buahan ataupun sayuran.

Bagian – Bagian Blender fan Fungsinya

Berikut ini adalah bagian-bagian blender yang sering di gunakan:

  1. Lid Insert

Life insert adalah bagian penutup Tengah diblender. Fungsi dari bagian ini adalah untuk memasukkan dan mendorong makanan ketika blender sedang dijalankan, sehingga lebih aman tanpa harus membuka tutup blender.

  1. Blade

Blade atau mata pisau adalah komponen terpenting dari blender, biasanya terdiri dari tiga sampai empat bilah pisau yang terhubung dengan roda gigi dan digerakkan oleh motor listrik yang ada pada blender.

  1. Mixing rod

Mixing rod adalah sebuah bilah kecil yang berguna sebagai mencampur bahan makanan di dalam wadah ketika blender sedang beroperasi. Bilah ini terletak ditengah lip dan biasanya menyatu dengan lid insert. mixing rod juga dapat digunakan sebagai pendorong bahan makanan sehingga proses penghalus bahan makanan lebih maksimal.

  1. Cup atau polikarbonat kontainer

Bagian ini adalah tempat atau wadah untuk meletakkan makanan ketika akan dihancurkan atau dihaluskan. Material yang digunakan biasanya menggunakan kaca ataupun plastik. Pada blender ini juga biasanya dilengkapi dengan great takaran agar bahan makanan yang dimasukkan tidak melebihi kapasitas. Hal ini juga berguna untuk merawat Blade agar tidak cepat tumpul karena na bekerja sangat berat yang dikarenakan over kapasitas.

  1. Container Cushion

Container Cushion adalah bantalan yang digunakan untuk wadah blender. Bagian ini disatukan dengan tatapan blender pada saat sebelum digunakan. Bagian ini juga dapat dilepas sehingga memudahkan ketika Akan dibersihkan.

  1. Switch On/Off

Seitch on/off yang digunakan untuk menghidupkan dan dan mematikan blender, biasanya letak tumbuhan ini berada pada tatakan blender.

  1. Speed Controller

Bagian ini digunakan untuk mengatur kecepatan motor yang akan digunakan. Biasanya terdapat beberapa step tingkatan kecepatan yang dapat digunakan, mulai dari yang terendah hingga tertinggi.

  1. Pulse Switch

Bagian ini digunakan untuk membuat bahan makanan yang sedang di blender di dalam wadah blender menjadi lebih halus.

Itulah bagian-bagian blender yang biasanya kalian gunakan namun terkadang kalian tidak tahu nama dan fungsinya. Kalian perlu mengetahui fungsi-fungsi dari bagian blender Agar kalian juga tahu bagaimana cara untuk merawatnya dengan benar.

Agar blender lebih awet, tidak hanya harus memperhatikan dari bagian-bagian blender itu sendiri. Namun tanya juga harus memperhatikan bahan makanan yang akan dan di blender agar lebih maksimal.

Perbedaan Blender dan Juicer

Banyak yang menganggap bahwa blender dan juicer adalah sama. Ya tidak heran karena memang mereka memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menghaluskan makanan dan minuman. Meskipun dari segi fungsi blender dan juicer adalah sama namun keduanya memiliki perbedaan:

  • Jika blender ketika digunakan akan mencampurkan sari buah, bulir, dan juga ampasnya menjadi satu berbeda halnya dengan juicer yang akan memisahkan sari buah dan ampasnya sehingga akan didapatkan jus sari buah yang lebih murni.
  • Apa buah dan sayuran apabila kita menggunakan blender Harus dibuang dengan cara manual berbeda dengan juicer yang sudah mempunyai saringan tersendiri untuk menyaring ampas yang tidak dibutuhkan.

Terbukti jika memang antara blender dan juicer adalah 2 alat yang berbeda meskipun terlihat mirip. Dengan menggunakan juicer makan akan didapatkan sari buah yang lebih alami dan bebas ampas.

Demikianlah sedikit pembahasan teknowarta.com mengenai Fungsi dan Bagian – Bagian Blender serta perbedaan antara blender dengan juicer, semoga selalu bermanfaat.