Review Lenovo ThinkPad T590

Review Lenovo ThinkPad T590 Dengan Layar 15 in

Review Lenovo ThinkPad T590 Penerus dari ThinkPad T490 yang sudah terlebih dahulu populer. Dengan bentuk yang lebih besar menawarkan beberapa keunggulan dan ThinkPad T590 adalah ThinkPad  dengan layar 15,6 inci paling ringan dari seri T sejauh ini.

Seri T memainkan peran yang sangat penting dalam jajaran ThinkPad Lenovo, tetapi itu sebagian besar hanya berlaku untuk model dengan layar 14 inci. Seri Lenovo/IBM ThinkPad T juga berisi model 15,6 inci, yang kurang mendapat perhatian dan kemungkinan besar dijual dalam jumlah yang lebih sedikit juga.

Namun, ini adalah laptop yang sangat menarik, karena tidak semua orang ingin menggunakan laptop 14 inci yang lebih kecil, dan model seri Thinkpad T590 15,6 inci berinovasi dengan menggabungkan layar yang lebih besar dengan fitur khas ThinkPad.

Dibandingkan dengan model saudaranya yang lebih kecil, Lenovo ThinkPad T590 jelas lebih mirip dengan ThinkPad T490 daripada ThinkPad T490s yang lebih ramping. Itulah sebabnya kami akan membandingkan ThinkPad T590 dengan ThinkPad T490 yang lebih kecil di seluruh ulasan ini. Laptop bisnis lain yang akan kami gunakan untuk perbandingan dibuat oleh produsen lain. Beberapa pesaing utama adalah HP EliteBook 850 G5, Dell Latitude 5590 dan Fujitsu LifeBook U758.

Laptop ini dibekali dengan prosesor i7, RAM 16 GB, SSD 512 GB dan LTE serta layar FHD dan Nvidia GeForce MX250. Laptop kelas atas dengan spesifikasi yang mumpuni dengan harga yang sebanding.

Lenovo ThinkPad T590

lenovo-laptop-thinkpad-t590

Seperti model seri Thinkpad lainnya, Lenovo ThinkPad T590 telah didesain ulang. Dibandingkan dengan ThinkPad T580, sasis telah sepenuhnya dikerjakan ulang, meskipun ada juga banyak kontinuitas dengan model sebelumnya, tipikal untuk ThinkPad.

Casing luar hampir 100% dicat hitam matte, dengan beberapa titik warna, seperti TrackPoint merah atau engselnya, yang masih dihiasi warna perak dengan tutup logam – memungkinkan sudut bukaan 180 derajat serta bukaan. tutup dengan satu tangan dan mereka tidak memiliki banyak ruang gerak sama sekali.

Elemen desain baru adalah kisi-kisi speaker di bagian dalam sasis, yang terletak di atas keyboard di antara speaker – kesamaan lain dengan ThinkPad T490. Selain itu, bagian bawah kurang membulat dibandingkan dengan ThinkPad T580.

Menurut Lenovo, casing luar seluruhnya terbuat dari plastik yang diperkuat serat kaca. Selain itu, bagian bawah sasis diperkuat oleh bingkai Magnesium, yang berarti bahwa Lenovo telah menerapkan prinsip konstruksi dasar ThinkPad T580.

Di bagian luar, material tampak berubah di beberapa area. Dengan ThinkPad T580, unit dasar sasis tidak dilapisi, sehingga terbuat dari plastik kasar. Itu terasa sedikit murah untuk sistem bisnis kelas menengah. Dengan ThinkPad T590, Lenovo telah memperbaiki situasi, karena unit dasar dan sandaran tangan kini dilapisi dengan tekstur halus, seperti Lenovo ThinkPad T490. Permukaan ini halus seperti sutra dengan sedikit pegangan dan terasa jauh lebih baik daripada plastik telanjang model sebelumnya. Bahan baru ini cukup rawan noda.

Dari segi build quality, tidak ada yang perlu diragukan. Bagian dasar sangat stabil dan hanya dapat diputar sedikit. Sandaran tangan tidak bisa ditekan sama sekali. Pengerjaan keseluruhan sangat baik, dengan area terlemah dari sasis adalah penutup layar, yang lebih flexibel dibandingkan dengan alasnya dan tidak melindungi panel LCD dengan sangat baik terhadap tekanan di bagian belakang.

Namun, ini seharusnya tidak menjadi masalah. Semua hal dipertimbangkan, Lenovo ThinkPad T590 adalah laptop yang sangat kuat dan harus bertahan dari penggunaan sehari-hari di lingkungan bisnis dengan mudah.

Perbedaan ukuran pada model 14 inci Lenovo ThinkPad T490s dan ThinkPad T490 terlihat jelas. Setidaknya ThinkPad T590 adalah yang paling kompak dari laptop bisnis 15,6 inci dalam perbandingan. Dibandingkan dengan ThinkPad T580, footprint sedikit lebih kecil. Sasis ThinkPad T590 lebih pendek beberapa milimeter, yang berarti bezel layar di bawah layar sedikit lebih kecil.

Perbedaan terbesar adalah dalam hal bobot, karena ThinkPad T590 kira-kira 200 gram (~7 oz) lebih ringan dari pendahulunya. Unit tinjauan kami adalah salah satu konfigurasi T590 yang lebih berat; ThinkPad T590 tanpa GPU khusus seharusnya lebih ringan beberapa gram.

Perbedaan berat dibandingkan dengan ThinkPad T490 masih besar, tetapi ThinkPad T590 hampir seringan beberapa ThinkPads T series 14-inci yang lebih lama. Sementara model 15,6 inci di masa lalu tidak dapat dianggap baik untuk digunakan saat bepergian, mereka dapat digunakan hari ini.

Konektor – banyak port & slot microSD untuk PC Lenovo

Port thinkpad T590

Meskipun didesain ulang, pemilihan port tidak berubah secara signifikan dibandingkan dengan Lenovo ThinkPad T580. Slot kartu SD ukuran penuh telah dihapus demi slot microSD. Selain itu, tidak ada perubahan pada jumlah dan pemilihan port.

TRENDING :  Review Laptop Thinkpad T470, Laptop Bisnis Yang Handal

Ini juga berarti bahwa ThinkPad T590 masih hanya memiliki satu port Thunderbolt 3, yang terhubung dengan dua jalur PCIe. Koneksi dua jalur berarti bahwa hanya satu  monitor 4K UHD (3.820×2.160) eksternal yang dapat digunakan pada frekuensi 60 Hz saat perangkat terhubung ke stasiun dok.

Portnya hampir sama seperti sebelumnya, tetapi posisinya telah berubah. Sebagian besar port berada di sisi kanan ThinkPad T580; sekarang, mereka berada di sisi kiri. Di sebelah kanan, sebagian besar sasis diambil oleh outlet ventilasi kipas – jika Anda menggunakan mouse eksternal, Anda mungkin harus hidup dengan tangan yang sedikit hangat.

Perubahan positif adalah distribusi port USB A, karena kedua port didistribusikan secara merata ke kedua sisi. Model sebelumnya memiliki kedua port USB A di sisi kanan, yang berarti Anda harus mencolokkan perangkat USB A di sana, kecuali Anda memiliki adaptor USB C yang berguna.

Konektifitas

Intel Wireless AC 9560, yang merupakan solusi WiFi 2×2 terbaru dari Intel, berfungsi sebagai kartu WLAN ThinkPad T590. Modul WiFi ini memberikan performa yang sangat baik, baik dalam penggunaan sehari-hari maupun dalam pengujian benchmark.

Selain itu, ThinkPad T590  menawarkan Bluetooth 5.0 serta Ethernet dalam bentuk modul Intel I219-V – port RJ45 ukuran penuh khusus terletak di sisi kanan sasis. Daftar opsi konektivitas yang tersedia dibulatkan oleh modul NFC opsional serta oleh WWAN/LTE, yang merupakan opsional untuk T590 dalam banyak kasus. Model spesifik kami sudah memiliki modul LTE Fibocom L830-EB bawaan dari pabrik.

Webcam menghasilkan gambar yang kasar dan cukup buram. Bersama dengan mikrofon (yang setidaknya cukup baik untuk menangkap suara dengan jelas), webcam hanya cukup baik untuk video telephony.

Keamanan

Seperti biasa untuk perangkat bisnis, Lenovo ThinkPad T590 memiliki banyak pilihan fungsi keamanan, yang tidak ada pada laptop konsumen. Salah satu contohnya adalah slot smartcard serta slot kunci Kensington di sisi kanan laptop. Sensor sidik jari hadir pada laptop konsumen saat ini dan laptop ThinkPad juga memilikinya, yang merupakan model berbasis sentuhan. Selain itu, terdapat kamera Inframerah yang dapat digunakan sebagai alternatif sensor sidik jari untuk log-in cepat dengan Windows Hello.

Aksesoris

Lenovo ThinkPad T590 disertai dengan pengisi daya USB C 65 W. Selain itu, tidak ada aksesoris lain yang dipasok eks pabrik. Opsional, tentu saja mungkin untuk membelinya nanti. Misalnya, dimungkinkan untuk membeli stasiun dok. Dalam hal ini, pengguna memiliki pilihan antara dok mekanis seperti ThinkPad Ultra Dock (40AJ0135US) atau dok kabel seperti ThinkPad Thunderbolt 3 Dock Gen 2 (40AN0135US).

Maintenance

Baterai thinkpad t590

Dari segi desain, Lenovo ThinkPad T590 adalah versi yang lebih besar dari ThinkPad T490. Artinya juga menggunakan desain perawatan yang sama. Untuk membongkar bagian dalam, bagian bawah harus dilepas, yang ditahan di tempatnya dengan sekrup (yang, setelah dilonggarkan, tetap berada di sasis) dan klip.

Sebelum melepas bagian bawah, slot SIM di bagian belakang sistem harus dilepas. Melonggarkan klip khususnya bisa jadi sulit. Saat melakukannya, pengguna tidak bisa cukup berhati-hati dan penting untuk tidak menggunakan terlalu banyak tenaga.

Klip di area antara engsel harus dilonggarkan terlebih dahulu, lalu klip di samping. Setelah selesai, penutup bawah harus langsung lepas. Klip di bagian depan tidak boleh dicongkel, cukup dibuka saat penutup bawah dilepas. Saat menutup sasis, klip di bagian depan harus dipasang kembali satu demi satu sebelum mengencangkan sekrup – jika tidak, sasis mungkin tidak menutup dengan benar.

Manual Pemeliharaan Perangkat Keras untuk ThinkPad T590 mengungkapkan bahwa kesamaan dengan ThinkPad T490 mencapai lebih dari sekadar desain. Kedua ThinkPad memiliki desain motherboard yang sama, yang berarti bahwa ThinkPad T590 pada dasarnya hanyalah varian yang lebih besar dari T490.

Oleh karena itu, T590 berbagi kendala dengan T490: RAM sebagian disolder, tetapi masih dapat ditingkatkan, karena ada satu slot SO-DIMM. Jumlah maksimum RAM dalam kasus unit ulasan kami adalah 40 GB, karena memiliki 8 GB RAM yang disolder.

Untuk model RAM Onboard 16 GB, maksimumnya adalah 48 GB. Modul WiFi juga Onboard, karena Lenovo menggunakan teknologi CNVi Intel (yang mengintegrasikan bagian-bagian modul WiFi ke dalam CPU). SSD M.2 2280 sepenuhnya dapat diupgrade.

Selain itu, modul WWAN akan dapat diupgrade, tetapi unit peninjauan kami memilikinya bekas pabrik. Dibandingkan dengan ThinkPad T580, kemampuan upgrade telah menurun. Model lama memiliki dua slot RAM dan modul WiFi yang tidak disolder.

Baterai internal hanya disekrup, tidak disolder atau dilem. Dimungkinkan juga untuk membersihkan sistem pendingin dan mengganti pasta pendingin, jika perlu. Keyboard juga mudah diganti, jika rusak.

Keyboard

Keyboard Thinkpad t590

Lenovo tidak melakukan perubahan apa pun dalam hal keyboard, karena keyboard dengan lampu latar Lenovo ThinkPad T590 sangat mirip dengan keyboard Lenovo ThinkPad T580. Keyboard memiliki enam baris vertikal tombol Chiclet dan menempati seluruh lebar laptop, karena ada numpad khusus.

TRENDING :  Spesifikasi dan Review Lenovo Thinkpad T580

Namun karena numpad, beberapa tombol di bagian keyboard utama lebih kecil, seperti tombol di sebelah kanan Spacebar atau tombol di sebelah kiri tombol Return. Artinya, Lenovo ThinkPad T490 yang lebih kecil memiliki keyboard ukuran penuh, sedangkan ThinkPad T590 yang lebih besar memiliki keyboard yang diperkecil berkat numpad. Lenovo sebaiknya memasukkan versi numpad yang menyusut daripada keyboard yang menyusut secara keseluruhan.

Tata letak yang lebih kecil membuat pengguna harus sedikit beradaptasi. Selain itu, keyboard Lenovo ThinkPad T590 memenuhi ekspektasi. Tombol memiliki jarak tempuh yang relatif jauh 1,7 mm (~0,07 in) dengan titik tekanan yang sangat nyaman, yang tidak terlalu lunak atau terlalu keras.

Mengetik pada tombol tidak keras, agak basah dan tombol yang agak cekung dan membulat bagus untuk mengetik. Orang yang banyak mengetik akan menyukai keyboard ini. Faktor penting lainnya di sini adalah stabilitas sasis dan untungnya, keyboard memiliki dukungan yang baik dari bingkai di bawahnya. Terkadang, keyboard yang bagus rusak karena terlalu goyah karena sasis yang mendasarinya tidak cukup stabil.

Touchpad + TrackPoint

Permukaan trackpad yang peka terhadap sentuhan sama besarnya dengan salah satu ThinkPad Laptop T580 – 10 x 7 cm (~3,9 x2,8 inci). Dari segi materi juga tidak ada perubahan. Permukaan plastik dari touchpad masih memiliki tekstur yang halus, yang memungkinkan jari-jari meluncur di atas permukaan tanpa masalah sambil merasa lebih murah daripada permukaan kaca.

Karena ini adalah ClickPad, permukaan touchpad dapat ditekan di dua pertiga bagian bawah. Mekanisme klik menghasilkan klik tertentu yang tidak terlalu keras hingga mengganggu. Ketika jari meluncur di atas permukaan, itu benar-benar stabil, kami tidak dapat mendeteksi goyangan apa pun.

Dalam hal dukungan perangkat lunak, driver bekerja hampir sempurna. Touchpad memungkinkan kontrol penunjuk mouse yang tepat dan gerakan multi-sentuh juga berfungsi dengan baik. Intinya, ini bukan touchpad terbaik yang pernah ada, tapi tetap sangat bagus.

Selain touchpad, Lenovo dipastikan memasang TrackPoint berwarna merah. Stik penunjuk (dibuat oleh Synaptics pada model ini) memungkinkan kontrol penunjuk yang tepat tanpa mengharuskan pengguna untuk melepaskan tangan dari keyboard.

Tiga tombol khusus di bawah keyboard adalah milik TrackPoint. Mereka memiliki jarak perjalanan yang pendek dan titik tekanan yang ditentukan. Tombol tengah untuk menggulir, meskipun secara opsional dapat digunakan sebagai tombol tengah mouse klasik juga.

Display

Seperti banyak kesamaan yang ada dengan Lenovo ThinkPad T490, layar ThinkPad T590 bukan salah satunya. Itu bukan hanya karena ukurannya yang berbeda (15,6 inci, bukan 14 inci), tetapi juga karena opsi layar berbeda yang ditawarkan oleh Lenovo.

Kabar baik pertama: Tidak ada opsi layar TN HD (1.366 x 768) dan semua layar yang ditawarkan untuk ThinkPad T590 berbasis matte dan IPS.

Ada tiga opsi layar: Layar FHD (1.920×1.080) tanpa sentuhan, layar FHD dengan sentuhan, dan layar 4K UHD (3.840×2.160) tanpa sentuhan.

Berita buruknya: Layar FHD yang digunakan Lenovo di T590 diiklankan dengan nilai kecerahan 250 cd/m² dan gamut warna NTSC 45%. Sementara itu, layar UHD 4K harus mencapai 500 cd/m² dan 100% gamut AdobeRGB dan juga mendukung HDR.

Pembeli harus memilih antara layar FHD yang lebih buruk dari rata-rata atau opsi UHD 4K premium, yang mungkin berlebihan bagi banyak pengguna. Tidak ada opsi jalan tengah seperti layar FHD Daya Rendah untuk ThinkPad T490, yang memiliki nilai kecerahan 400 cd/m² dan mencakup 72% gamut warna NTSC.

Karena layar 4K UHD tidak tersedia pada ulasan ini, kami menguji model dengan layar non-sentuh FHD. Layar ini melebihi nilai kecerahan yang diiklankan dengan kecerahan maksimum rata-rata 262 cd/m². Layar buatan LG ini sedikit lebih terang daripada yang digunakan pada pendahulunya Lenovo ThinkPad T580 dan layar Dell Latitude 5590.

HP EliteBook 850 G5 sementara memiliki panel FHD yang jauh lebih cerah, Fujitsu LifeBook U758 dilengkapi lebih baik dalam hal ini , juga. Model yang lebih kecil dari ThinkPad T590, ThinkPad T490 dan ThinkPad T490s, tentu saja memiliki layar FHD yang jauh lebih cerah.

Kami tidak mengukur PWM apa pun dan tidak banyak pendarahan lampu latar. Panel menyala dengan baik dengan homogenitas distribusi kecerahan 88%.

Di luar pabrik, tidak ada rona warna asli, yang berarti kalibrasi tidak menghasilkan peningkatan besar – tetap saja, kami menyediakan profil warna yang kami buat untuk tinjauan ini di kotak abu-abu di atas. Beberapa penyimpangan dari ideal, misalnya, dalam hal saturasi, tidak dapat dikoreksi dengan kalibrasi. Secara subyektif, kualitas gambarnya oke dalam hal warna, berkat nilai kontras yang baik yaitu 1200:1.

Salah satu alasan untuk kualitas layar yang lumayan adalah gamut warna yang sangat buruk. Gamut warna sRGB yang kecil hanya tercakup oleh 58%, artinya banyak warna yang ditampilkan salah. Untuk pekerjaan profesional dengan warna (pengeditan foto dan pengeditan video), layar tidak berguna.

TRENDING :  Daftar Laptop Lenovo Thinkpad "T" Series Terbaru

Dengan permukaan matte, panel LCD dapat digunakan di luar ruangan, karena kecerahannya melebihi 200 cd/m². Menggunakan layar ini di bawah sinar matahari hampir tidak mungkin, tetapi kontennya dapat dibaca saat menggunakannya di tempat teduh.

Khas untuk layar IPS, warnanya tetap sama meskipun layar dilihat dari sudut yang ekstrem. Memang, kecerahan terpengaruh secara negatif, tetapi tidak ada efek cahaya IPS.

Performance

Lenovo menawarkan empat prosesor Intel Whiskey Lake yang berbeda untuk ThinkPad T590: Core i5-8265U, Core i7-8565U, Core i5-8365U serta Core i7-8665U. Dua yang terakhir kompatibel dengan vPro, fitur perusahaan yang penting.

Sebagai GPU, ada Intel UHD Graphics 620 atau Nvidia GeForce MX250 opsional. GPU ini dapat dipadukan dengan prosesor mana pun, yang berbeda dengan ThinkPad T490, di mana Lenovo hanya menawarkan GPU Nvidia dengan CPU i7 yang lebih cepat.

Dalam hal memori, memori DDR4-2400 8 atau 16 GB disolder, dengan slot SO-DIMM tambahan hingga 40/48 GB. SSD M.2 2280 tunggal dengan kapasitas 256, 512 GB atau 1 TB berfungsi sebagai penyimpanan.

Prosesor

Intel Core i7-8565U adalah prosesor terbaru dari seri Whiskey Lake. Ini adalah prosesor Ultra Low Voltage dengan TDP 15 W dan empat inti prosesor, yang memiliki kecepatan clock maksimum 4,6 GHz dan clock dasar 1,8 GHz. Perbandingan dengan prosesor lain dimungkinkan dengan tabel perbandingan CPU kami.

Dalam kasus ThinkPad T590, Lenovo telah meningkatkan TDP. Alih-alih 15 W, CPU dapat mengkonsumsi hingga 29 W dalam pengujian Multicore Cinebench, yang berarti bahwa inti CPU mencapai kecepatan clock 3,3 GHz. Suhu CPU mencapai maksimum 82 derajat Celcius (~ 180 derajat Fahrenheit) selama pengujian Cinebench tunggal.

CPU tidak dapat mempertahankan konsumsi daya 29 W tanpa batas. Dalam loop Cinebench, konsumsi daya berfluktuasi antara 20 dan 25 W. Ini juga turun sementara menjadi 15 W. Kecepatan clock CPU memantul antara 2,5 dan 3 GHz.

Performa CPU dari model saudara ThinkPad T490 sedikit lebih tinggi di bawah beban. Sementara itu, ThinkPad T580 lebih lambat dari penerusnya. Model pesaing dari Dell, HP, dan Fujitsu jelas lebih lambat daripada ThinkPad T590 – meskipun semua ini masih dilengkapi dengan CPU Kaby Lake Refresh yang lebih lama.

Performa CPU tidak terbatas saat perangkat berjalan dengan daya baterai.

Kinerja sistem

Dalam benchmark PCMark, ThinkPad T590 menempati posisi teratas dalam alat perbandingan kami – tidak terlalu mengejutkan, mengingat komponen yang kuat dan resolusi FHD yang tidak terlalu menuntut. ThinkPad T580 yang lebih lama berperforma lebih buruk dalam tolok ukur ini, yang mungkin disebabkan oleh resolusi 4K UHD yang jauh lebih tinggi. Dalam penggunaan sehari-hari, Lenovo ThinkPad T590 tampil sempurna.

Storage

Lenovo benar-benar menyederhanakan pilihan penyimpanan untuk ThinkPad T590. Alih-alih slot 2,5 inci, yang secara opsional dapat menampung SSD M.2 2280 di adaptor, hanya ada satu slot SSD M.2 2280. Pendahulu secara opsional juga dapat memuat SSD M.2 2242 kedua yang lebih kecil di slot WWAN. Fitur ini juga telah dihentikan.

SSD 512 GB dari Toshiba di unit ulasan kami mendapat manfaat dari desain baru dibandingkan dengan ThinkPad T580. Dengan model lama, SSD sistem 2280 M.2 utama berjalan dengan kecepatan PCIe 3.0 x2. Di ThinkPad T590, SSD Toshiba PCIe NVMe yang cepat terhubung melalui empat jalur PCIe 3.0, memungkinkannya mencapai potensi kinerja yang sebenarnya.

GPU-Z Nvidia GeForce MX250

Nvidia GeForce MX250 adalah pembaruan dari Nvidia GeForce MX150. Artinya GPU ini masih menggunakan teknologi Nvidia Pascal yang sudah ketinggalan zaman. Di ThinkPad T590, Lenovo menggunakan versi MX250 dengan clock 25-W yang lebih tinggi. Perbandingan dengan prosesor grafis lain dimungkinkan dengan tabel perbandingan GPU kami.

Dibandingkan dengan ThinkPad T490, GPU ThinkPad T590 memberikan tingkat kinerja yang hampir sama. Dibandingkan dengan Nvidia GeForce MX150 versi 25-W di ThinkPad T580, GPU ThinkPad T590 7 hingga 26% lebih cepat, tergantung pada tolok ukurnya.

Ini adalah peningkatan kinerja yang bagus, meskipun Nvidia GeForce GTX 1050 Ti Max-Q dari model premium ThinkPad X1 Extreme tetap berada di luar jangkauan. Dalam benchmark 3DMark, GPU ini hampir dua kali lebih cepat.

Kami tidak dapat mendeteksi pelambatan kinerja GPU saat perangkat berjalan dengan daya baterai.

Performa game

Nvidia GeForce MX250 bukanlah GPU yang benar-benar dibuat untuk gaming. Game baru hanya akan berjalan dengan detail grafis rendah dan resolusi lebih rendah – sekali lagi, Nvidia GeForce GTX 1050 Ti Max-Q dari ThinkPad X1 Extreme lebih dari dua kali lebih cepat. Setidaknya, GPU ThinkPad T590 dapat memberikan kinerjanya di loop “Witcher 3” tanpa pelambatan dan sedikit lebih cepat daripada Nvidia GeForce MX150 dari ThinkPad T580.