Spesifikasi dan Review Lenovo Thinkpad T580

Spesifikasi dan Review Lenovo Thinkpad T580

Lenovo ThinkPad T580 adalah laptop bisnis yang dapat diandalkan dengan keyboard yang luar biasa, kinerja yang cepat, kuat, dan memiliki banyak fitur keamanan. Tampilan khas hitam dengan masa pakai baterai yang bisa dibilang cukup boros jelas merupakan kendala, yang terakhir dapat diatasi dengan baterai yang diperpanjang.

Terlepas dari beberapa kekurangan, ThinkPad T580 adalah sebuah laptop yang sangat mumpuni untuk profesional bisnis yang mencari laptop 15 inci premium.

Desain

Desain

Seperti  Thinkpad seri – seri sebelumnya,T580 juga masih terlihat hampir sama tanpa ada perubahan yang signifikan dengan tampilan matte-hitam, tombol bergaya pulau melengkung dan merek perak di dek dan tutupnya. Tentu saja, ThinkPad tidak akan menjadi ThinkPad tanpa trackpoint merah ikonik di sekitar clicker touchpad dan inti karet merah di antara tombol G dan H.

Dua engsel logam kokoh menahan layar 15 inci besar yang diapit oleh bezel yang relatif tebal. T580 bukan convertible tetapi tampilan layar sentuhnya dapat dilipat 180 derajat hingga benar-benar rata. Di bawah layar adalah keyboard dengan lampu latar dengan tombol angka dan sensor sidik jari kecil.

Finishing stonewashed yang halus pada sasis plastik memberi T580 nuansa premium, meskipun tidak tahan terhadap konstruksi aluminium. Penampilan sederhana T580 tidak akan menarik banyak perhatian, tetapi cocok untuk lingkungan kantor.

ThinkPad T580 bukanlah laptop paling portabel karena ukurannya yang besar yaitu 14,4 x 10 x 0,8 inci. Meskipun bobotnya 4,2 pon dapat diatur, Anda tidak akan ingin melakukan perjalanan jauh dengan T580, terutama setelah Anda memasang attachment baterai yang diperpanjang dan besar.

Ports

ports thinkpad t580

ThinkPad T580 memiliki pilihan port yang lngkap. Pada sisi kiri menampung port USB Type-C untuk pengisian daya, Thunderbolt 3, konektor dock, dan pembaca kartu pintar opsional.

Di sisi kanan adalah jack kombo headphone/mikrofon, pembaca kartu SD 4-in-1, dua port USB 3.1 Tipe-A yang selalu aktif, HDMI, Gigabit Ethernet, dan kunci Kensington.

Durability dan Security

Security thinkpad t580

Thinkpad T580 telah diuji terhadap 12 uji sertifikasi tingkat militer dan lulus 200 uji ketahanan internal. Itu dapat menahan kondisi ekstrim seperti kelembaban tinggi, suhu rendah dan paparan pasir.

Saat saya memegang laptop dengan satu tangan, sisi kanan tutupnya terangkat dari sasis, menciptakan celah tipis antara dek dan tepi kanan. Sisi kiri tidak memiliki masalah yang sama, yang menunjukkan anomali adalah masalah kontrol kualitas daripada kesalahan desain.

TRENDING :  Review Lenovo ThinkPad T590 Dengan Layar 15 in

Tidak dapat dipungkiri bahwa pengguna yang kebanyakan adalah kalangan profesional pasti akan mengkhawatirkan keamanan online akhir-akhir ini. Untungnya, Lenovo ThinkPad T580 memiliki beberapa fitur berguna untuk meredakan ketakutan Anda, termasuk autentikasi Fast Identity Online (FIDO) bawaan yang dirancang untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra menggunakan autentikasi dua faktor.

Seperti ThinkPad lainnya, T580 menyertakan chip TPM 2.0 untuk keamanan berbasis perangkat keras. Itu juga dilengkapi dengan kamera inframerah (IR) opsional untuk pengenalan wajah dan penutup webcam internal.

Display

Display lenovo thinkpad T580

Lenovo Thinkpad T580 sudah menggunakan layar sentuh 15,6 inci,panelnya tajam dan cukup terang, tetapi tidak cukup berwarna.

Ketika digunakan untuk memutar trailer untuk Creed II tampak gelap dan suram. Saya juga melihat sedikit warna ungu pada white balance yang bahkan lebih terlihat di situs berita..

Layar ThinkPad T580 menjadi cukup cerah, rata-rata 288 nits. Itu sedikit di bawah rata-rata kategori laptop premium 301, tetapi jauh lebih terang daripada Dell Latitude 5490 (178) dan HP EliteBook 840 G5 (217). HP EliteBook 840 G5 dengan layar privasi terintegrasi mencapai kecerahan 619 nits yang menyilaukan.

Panel yang peka terhadap sentuhan merespon dengan cepat terhadap gesekan dan ketukan saya. Saya mempercepat YouTube, menggulir dan memilih video dengan mudah. Hasil akhir matte pada layar secara efektif melawan pantulan.

Keyboard, Touchpad, dan Pointing Stick

Keyboard dan touchpad lenovo thinkpad t580

Penggemar thinkpad pasti tau bahwa keyboard dari thinkpad adalah yang terbaik, begitu juga pada Lenovo Thinkpad T580 yang memiliki keyboard khas thinkpad dengan backlight dan numpad yang sangat nyaman ketika digunakan untuk mengetik.

Tombol dari keyboard terasa sangat empuk ketika digunakan, dan terdapat juga bunyi ‘klik’ ketika ditekan. Jarak antar tombol juga sangat ideal yaitu 1,7 mili sehingga sangat nyaman digunakan bahkan untuk mengetik selam berjam – jam jari masih terasa sangat nyaman.

Pada T580 ini juga kembali menghadirkan Numpad namun membuat tombol print,kontrol, alt, dan tombol arah panah menjadi terlalu kecil dan terlalu ke kiri. Namun itu masih bisa dimaklumi dan tidak menghilangkan kenyamanan dari keyboard secara keseluruhan.

Untuk Touchpad berukuran 3,9 x 2,6 inci, kecil dan juga tidak berada di tengah kiri. Itu tidak menghentikan saya untuk melakukan gerakan Windows 10, seperti mengklik kanan dengan ketukan dua jari, menyeret jendela, dan memperbesar dan memperkecil. Jika Anda bukan penggemar touchpad, Anda dapat menggerakkan kursor menggunakan pointing stick penunjuk merah kecil.

TRENDING :  Spesifikasi dan Review Lenovo Thinkpad T480

Audio

Speaker Lenovo T580 terdengar bagus dan menjadi sangat keras sehingga saya harus mengecilkannya saat mendengarkan lagu di ruang konferensi kecil. Riff epik di “Seven Nation Army” White Stripes menggelegar dengan karya gitar yang kaya, dan ritme yang dalam dari pedal efek mengingatkan saya mengapa lagu ini bisa dikenali.

Harmoni l-esque jelas dan maju. Saya tidak pernah mendengar distorsi apa pun, bahkan saat mendengarkan pada volume maksimum.

Performance

Dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7-8650U, RAM 16GB, dan SSD PCle-NVME OPAL2.0 M.2 512GB, ThinkPad T580 mampu melibas beban kerja yang berat tanpa gangguan. Tidak ada masalah menjalankan 20 tab Microsoft Edge – enam di antaranya memutar video YouTube sementara dua lainnya menjalankan aliran Twitch pada 1080p. Saya beralih antar tab tanpa jeda dan tidak perlu menunggu video dikonversi ke resolusi setinggi mungkin.

T580 tampil mengagumkan dalam uji lab kami, menyamai atau mengungguli laptop lain dalam kategori laptop premium. Dalam tes Geekbench 4, yang menentukan kinerja prosesor dan memori, ThinkPad T580 mencetak 14.384. Itu adalah kemenangan tipis atas HP EliteBook 840 G5 (14.178) dengan prosesor i7-8650U yang sama dan ledakan dibandingkan dengan rata-rata laptop premium (12.655).

ThinkPad T580 membutuhkan waktu 17 detik untuk menduplikasi 4,97GB file media campuran dari satu hard drive ke hard drive lainnya. Dengan kecepatan 299 megabita per detik, T580 lebih cepat daripada Dell Latitude 5490 (267 MBps) tetapi tertinggal di belakang HP EliteBook 840 G5 yang secepat kilat (509 MBps).

Klasemen dibalik dalam tes Excel Macro kami di mana ThinkPad T580 mencocokkan 65.000 nama dengan alamat dalam 1 menit dan 5 detik, mengalahkan HP EliteBook 840 G5 (1:23) tetapi kalah dari Dell Latitude 5490 (0:59). Ini dengan mudah mengalahkan kecepatan rata-rata 1 menit dan 33 detik untuk laptop premium.

Thinkpad T580 tidak diperntukan untuk bermain game tetapi  tentu masih dapat untuk memainkan beberapa judul pada pengaturan grafis rendah. Intel UHD Graphics 620 yang terintegrasi (dapat ditingkatkan ke Nvidia GeForce MX150) menjalankan video game balap Dirt 3 pada 61 frame per detik. Itu jauh di atas ambang batas pemutaran 30-fps kami tetapi sedikit di bawah rata-rata kategori laptop premium 71 fps.

TRENDING :  Review Laptop Thinkpad T470, Laptop Bisnis Yang Handal

Daya tahan baterai

Lenovo thinkpad T580 memiliki baterai dengan daya tahan hingga 5 jam 52 menit, cukup boros dibandingankan dengan tipe T470 atau laptop dengan kategori premium lainya seperti  Dell Latitude 5490 atau HP Elitebook 840 G5.

Webcam

Webcam Lenovo thinkpad t580

Webcam 720p pada ThinkPad T580 cukup lumayan dan dapat menghasilkan gambar cukup soft ketika berada pada ruangan yang minim cahaya. Selain itu laptop ini memiliki fitur keamanan dan privasi yang disebut Lenovo Thinksutter yang digunakan untuk menutup kamera ketika tidak digunakan dengan hanya menggesernya.

Garansi dan Software

ThinkPad T580 ringan pada perangkat lunak yang sudah diinstal sebelumnya. Alih-alih aplikasi individual untuk setiap layanan, Lenovo mengemas alat utilitasnya dengan rapi ke dalam Vantage, yang memungkinkan pengguna mengubah pengaturan perangkat keras, mencari pembaruan sistem, dan menjalankan pemindaian diagnostik. Ini juga menyimpan informasi penting tentang laptop seperti nomor seri dan produk. Satu hal yang dapat dihilangkan Lenovo adalah toolbar Vantage, ikon redundan yang memungkinkan Anda menyesuaikan pengaturan.

Vantage adalah alat yang benar-benar berguna, tidak seperti tambahan berlebihan yang dihadirkan Microsoft, termasuk Candy Crush Soda Saga, Bubble Witch 3 Saga, dan Disney Magic Kingdoms.

ThinkPad T580 dilengkapi dengan garansi gudang atau barang bawaan selama satu tahun. Lihat bagaimana kinerja Lenovo di Tech Support Showdown dan peringkat Merek Terbaik dan Terburuk kami.

Spesifikasi

Bluetooth Bluetooth 4.1
Brand Lenovo
CPU Intel Core i7-8650U
Card Slots 4-1 card reader
Company Website http://www.lenovo.com
Display Size 15.6
Graphics Card Intel UHD Graphics 620
Hard Drive Size 512GB SSD
Hard Drive Type PCIe-NVME OPAL2.0 M.2
Highest Available Resolution 3840 x 2160
Native Resolution 1920×1080
Operating System Windows 10 Home
Ports (excluding USB) Kensington Lock, Mini RJ45, SD card slot, USB 3.1 with Type-C, Thunderbolt 3, HDMI, USB 3.1 Always-On, Headphone/Mic
RAM 16GB
RAM Upgradable to 32GB
Size 14.4 x 9.95 x .79 inches
Touchpad Size 3.9 x 2.6 inches
Warranty/Support one year depot or carry-in warranty
Weight 4.29 pounds
Wi-Fi 802.11ac
Wi-Fi Model Intel Dual Band 8265

Kesimpulan

Untuk laptop bisnis premium Lenovo thinkpad T580 memiliki semua yang dibutuhkan oleh seorang pebisnis profesional. Keyboard yang nyaman, daya tahan yang kuat, performa yang sangat mumpuni, jumlah port yang lengkap. Namun T580 masih memiliki sedikit kekurangan, dengan daya tahan baterai yang bisa dibilang masih dibawah rata – rata laptop premium sekelas.