Review Laptop Thinkpad T470, Laptop Bisnis Yang Handal

Review Laptop Thinkpad T470, Laptop Bisnis Yang Handal

Review Laptop Thinkpad T470 – ThinkPad T-series dari Lenovo tetap menjadi perwakilan klasik dari seluruh keluarga ThinkPad. Perangkat dari jajaran ini thinkpad T series ini sering dikaitkan dengan keandalan, konstruksi kokoh, dan pengalaman kerja luar biasa saat bepergian tanpa kompromi.

Saat ini mimin akan mereview Lenovo ThinkPad T470 yang merupakan salah satu dari sedikit ThinkPad kelas bisnis yang dimiliki oleh lenovo. Dilihat dari spesifikasi, Thinkpad T470 menawarkan semua yang diinginkan oleh pebisnis.

Menariknya, pada masannya Thinkpad T470 menawarkan sesuatu yang tidak dimiliki para pesaingnya, yaitu pengaturan baterai ganda untuk masa pakai baterai yang lebih lama. Kami telah menguji ketahanan notebook dalam berbagai situasi sehingga kami dapat lebih memahami nilai jual utama perangkat.

Selain keunggulan pada masa pakai baterai yang tampaknya dapat bertahan lama, laptop ini juga menawarkan semua fitur dan hardware yang Anda harapkan dari ultrabook berorientasi bisnis modern.

Laptop ini menggunakan CPU Intel Core i5-7200U, dengan memori DDR4-2400 8GB, storage SSD M.2 PCIe NVMe 512GB, Layar yang sudah menggunakan panel IPS Full HD 14 inci, konektivitas 4G LTE, dan pilihan port yang banyak termasuk dukungan Thunderbolt 3 melalui USB-C.

Terlebih lagi, laptop ini dapat dikonfigurasi hingga Core i7-7700HQ yang dipasangkan dengan kartu grafis diskrit – NVIDIA GeForce GTX 940MX. Ini, tentu saja, akan memengaruhi masa pakai baterai secara signifikan, sehingga Anda benar-benar harus memutuskan apakah Anda memerlukan daya ekstra itu atau tidak.

Desain dan Kontruksi

Dari sudut pandang desain, ultrabook terlihat hampir sama dengan mesin T-series lainnya termasuk generasi sebelumnya. Namun, Lenovo mampu menjejalkan semua perangkat keras itu ke dalam sasis yang jauh lebih ramping dibandingkan dengan yang sebelumnya, yang dibuat tiga tahun lalu. Sekarang T470 memiliki berat sedikit di atas 1,6 kg (tepatnya 1,660) dengan profil yang cukup tipis hanya 19,95 mm – cukup untuk mengatakan itu di bawah tanda 20 mm.

Penutupnya mengikuti desain biasa semua laptop ThinkPad – sudut tajam dengan tepi sedikit melengkung dan permukaan datar yang terbuat dari lapisan karet matte dengan sentuhan lembut, yang membuat sangat nyaman untuk membawa notebook kemana-mana karena memberikan pegangan yang baik tetapi sisi negatifnya selalu terlihat noda dan sidik jari.

TRENDING :  Review Lenovo ThinkPad T590 Dengan Layar 15 in

Kami juga memperhatikan bahwa bagian tengah tutupnya sedikit lebih fleksibel daripada yang kami harapkan. Ini berlaku terutama untuk bezel bawah yang mudah ditekuk dan menghasilkan distorsi gambar.

Kami pikir penyebabnya adalah engsel sempit, yang sama sekali tidak mendukung bagian tengah layar. Seharusnya tidak menjadi masalah bagi sebagian besar pengguna tetapi harus dipertimbangkan karena label harga yang lebih tinggi dari biasanya.

Berbicara tentang engsel, kami menemukan dengan gerakan tegas hingga sudut 180 derajat dan tidak memantul. Namun, membuka laptop hanya dengan satu tangan tidak mungkin. Pelat bawah juga terbuat dari plastik hitam dengan banyak bukaan ventilasi untuk aliran udara ekstra tetapi perbedaan utama di sini adalah bahwa seluruh alas menggunakan serat karbon selain plastik di bagian luar. Jadi ini sangat meningkatkan kekokohan mesin secara keseluruhan.

Pada sisi Samping, kami melihat distribusi port dan konektor yang tidak begitu “sehat” karena kebanyakan berdesakan di sisi kanan, yang mungkin menjadi masalah hanya jika tempat kerja kecil, tetapi seharusnya tidak menjadi masalah bagi sebagian besar pembeli.

Bagaimanapun, sisi kanan menawarkan dua konektor USB 3.0, jack audio 3,5 mm, RJ-45 untuk koneksi kabel, HDMI dan pembaca kartu SD, sedangkan sisi kiri hanya mengakomodasi port pengisian DC, satu USB 3.0 dan USB-C 3.1 ( Gen 2) port yang mendukung DisplayPort dan Thunderbolt 3.

Ini berarti Anda dapat memanfaatkan kecepatan transfer ultra-cepat atau pengaturan multi-monitor karena bandwidth 40 Gbps. Sebenarnya, T470 adalah stasiun kerja hardcore dan portabel.

Dan sekarang mari kita bicara tentang perangkat input. Seperti yang diharapkan, T470 memenuhi pengujian kami dengan touchpad super-responsif dan keyboard yang sangat baik. Yang pertama memenangkan kami dengan gerakan yang sangat tepat, klik mouse yang ringan, dan permukaan meluncur yang relatif mulus, tetapi kami memperhatikan bahwa jika Anda mencoba menekannya di bagian atas permukaan, anehnya menjadi kaku.

Menjadi sulit untuk diklik karena suatu alasan dan terkadang menghalangi. Keyboard dalam mode ThinkPad standar dengan tombol fungsi di sudut kiri bawah dan Ctrl di tempat biasa. Penggemar Hardcore ThinkPad akan menyukai ini, tetapi untuk memulai dari tata letak keyboard standar tidak akan mudah.

Bagaimanapun, tombol memberikan umpan balik sentuhan yang halus dan perjalanan panjang untuk pengalaman mengetik yang sangat nyaman. Keycaps yang sedikit cekung juga membantu untuk perasaan yang lebih baik. Lampu latar LED memiliki dua tingkat dengan yang kedua sangat terang dan diterapkan dengan cukup baik.

TRENDING :  Spesifikasi dan Review Lenovo Thinkpad T580

Tapi bagaimana dengan TrackPoint yang ikonik? Yah, itu masih di sini dan kami tidak melihatnya akan pergi ke mana pun dalam waktu dekat. Banyak pengguna cenderung menggunakannya lebih dari touchpad konvensional atau mouse eksternal dan kita dapat melihat mengapa. Ini responsif dan akurat tetapi membutuhkan beberapa waktu untuk menyesuaikan. Tombol mouse yang disediakan di bawah bilah spasi menawarkan ergonomis yang baik tetapi sangat pendek. Yang tengah dapat digunakan untuk menggulir.

Pada akhirnya, ThinkPad T470 tetap menjadi salah satu laptop bisnis kelas atas yang paling andal saat ini. Skor sempurnanya hanya dirusak oleh tutup yang relatif fleksibel tetapi entah bagaimana bisa dimengerti karena cukup tipis sementara alasnya terdiri dari sangkar plastik dan serat karbon di dalamnya, yang menambah daya tahan keseluruhan dan menurunkan berat sebanyak mungkin.

Kami menemukan bahwa melenturkan alas dan baki keyboard hampir tidak mungkin dan deformasi yang terlihat hanya terjadi selama tekanan yang sangat kuat. Kami terkejut dengan desain sasis yang ringkas namun fungsional yang menghadirkan lebih banyak I/O daripada laptop 15 inci.

Opsi pembongkaran, pemeliharaan, dan Upgrade

Ya, notebook tidak memiliki penutup layanan khusus tetapi cukup mudah untuk ditingkatkan dan dirawat jika diperlukan. Anda hanya perlu mengeluarkan baterai eksternal dan melepas semua sekrup di sekitar bagian bawah sasis. Kemudian cungkil dengan lembut – mudah lepas.

Peningkatan penyimpanan – HDD/SSD 2,5 inci, SSD M.2

Mungkin karena faktor bentuk laptop, Lenovo tidak dapat memasukkan drive 2,5 inci bersama dengan SSD M.2 tambahan sehingga unit kami hanya mengirimkan SSD M.2 PCIe NVMe – Samsung 512GB PM961. Itu ditempatkan di bawah pelat yang biasanya digunakan untuk HDD atau SSD 2,5 inci.

RAM

Kabar baik tentang kemampuan upgrade laptop adalah bahwa motherboard memiliki dua slot RAM tetapi dalam kasus kami, hanya satu yang diambil oleh chip SK Hynix 8GB DDR4-2400.

Sistem pendingin

Sistem pendinginnya cukup sederhana – terdiri dari satu kipas pendingin dan satu pipa panas yang terhubung ke unit pendingin. Cukup untuk menjaga agar CPU dan iGPU tetap dingin.

Display

Meskipun laptop memiliki panel IPS, ini tidak cukup untuk melawan beberapa pesaing bisnis 14-inci mahal lainnya. Ternyata ThinkPad T470 menggunakan layar IPS Full HD 14 inci yang sama dengan Lenovo ThinkPad E470 yang jauh lebih terjangkau.

TRENDING :  Spesifikasi dan Review Lenovo Thinkpad T480

Panelnya adalah Innolux N140HCA-EAB dengan 157 ppi dan pitch piksel 0,16 x 0,16 mm. Ini dapat dianggap sebagai “Retina” jika dilihat dari jarak yang sama atau lebih besar dari 55 cm.

Kecerahan maksimum yang tercatat adalah 245 cd/m2 di tengah dan 238 cd/m2 sebagai rata-rata di seluruh permukaan dengan penyimpangan 17% di sudut kanan bawah. Suhu warna sejajar dengan 6500K (D65) optimal sementara rasio kontras sedikit lebih rendah – 680:1.

Penyimpangan warna dE2000 maksimum adalah 4,5, yang agak tinggi karena biasanya nilai di atas 4,0 tidak diinginkan.

Anda juga dapat melihat nilai pada pencahayaan 140 cd/m2, yang dalam kasus kami adalah kecerahan 75%.

Spesifikasi Thinkpad T470

Prosesor
Hingga Intel 7th Generation ®Core™ i5 / i7 Processor
Sistem Operasi
Hingga Windows 10 Pro
Grafis
Intel® HD Graphics 620
Webcam / Microphone
720p HD webcam dengan single microphone
Memori
Memori hingga 32 GB DDR4
Penyimpanan
SSD hingga 1 TB PCIe NVMe
Audio
  • Dolby® Advanced Audio™
  • Speaker Stereo
Baterai
Hingga 18 jam
Layar
14” FHD (1920 X 1080), IPS
Dimensi (L x D x T)
  • 336.6 mm x 232.5 mm x 19.95 mm
  • 13.25″ x 9.15″ x 0.79″
Berat
Mulai dari ~3.48 lbs (~1.6 kg)
Warna
Hitam
Fingerprint Reader
Opsional
WLAN
  • WiFi 802.11 ac
  • Intel 8265 2×2 11ac
LAN
10/100M
Bluetooth®
Bluetooth®4.1 Combo with WiFi Card
Port
  • 3 x USB 3.0
  • 1 x Thunderbolt™ 3 port
  • 3.5 mm Combo Audio Jack
  • 1 x HDMI™
  • 1 x RJ45 Gigabit LAN
  • 1x CS13 Docking
  • 1 x Media Card Reader (SD 3.0, UHS-I)
  • 1 x Smart Card Reader (Opsional)
  • 1x Micro SIM

Kesimpulan

Sejujurnya, kami sedikit kecewa dengan kualitas panel IPS. Pada settingan Kecerahan maksimum saja kami rasa tidak cukup untuk penggunaan di luar ruangan. Namun, jangan salah paham, ini cukup untuk pekerjaan kantor biasa dan penjelajahan web tetapi mempertimbangkan standar untuk panel IPS pada mesin dengan harga yang sama, dan bahkan yang lebih murah, ThinkPad T470 gagal dalam hal ini.

Namun secara keseluruhan Thinkpad T470 masih menjadi salah satu laptop bisnis yang sangat mumpuni dan masih bisa diandalkan. Bahkan di tahun 2021 ini, thinkpad T470 masih worth it untuk dibeli.