5 Aplikasi Desain Rumah Untuk Mendesain Rumah Impian Anda

Aplikasi Desain Rumah – Dirancang dari ruang makan hingga kamar tidur, ruang tamu benar-benar impian semua orang. Walaupun pekerjaan seorang desainer interior merupakan profesi yang membutuhkan keahlian dan kemampuan khusus, bukan berarti orang biasa yang tidak menekuni bidang itu tidak boleh mencoba-coba memanipulasi desain rumah impiannya sendiri, lho!

Bagi Anda yang ingin mencoba dan mendesain rumah Anda sendiri, ada aplikasi desain rumah yang mudah digunakan untuk Anda coba. Dengan cara ini Anda dapat mendesain rumah Anda sesuai keinginan,  karena membangun atau merenovasi rumah bukanlah hal yang mudah, dan biasanya memerlukan banyak waktu dan uang.

5 Aplikasi Desain Rumah Terbaik

Untuk membantu Anda, teknowarta telah merangkum 5 aplikasi desain rumah terbaik yang dapat membantu Anda dalam merencanakan dan memvisualisasikan ide desain rumah Anda.

1. Houzz – Home Design & Remodel

Houzz Desain Interior Ideas
Sumber Gambar Screensot Play Store

Pecinta desain interior harus akrab dengan aplikasi desain rumah yang disebut Houzz ini. Aplikasi Houzz ini memiliki fungsi sebagai inspirasi dalam  merenovasi rumah, desain interior, dan dekorasi. Houzz juga menyediakan hingga 15 juta+ foto berkualitas tinggi sesuai dengan keingginan pengguna.

Selain ide-ide menarik, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Houzz – Home Design & Remodel ini untuk bertukar ide dan mendapatkan tips dari para ahli. Houzz juga memiliki fitur View My Room yang terhubung ke kamera untuk membuat hasil desain rumah di rumah Anda lebih terlihat dan jernih. Aplikasi ini sangat cocok untuk anda yang masih mencoba membayangkan desain rumah idaman impian anda.

2. Home Desain 3D-Anuman

Home Desain 3D-Anuman
Sumber Gambar Play Store

Sering disebut sebagai aplikasi desain rumah terbaik, Home Design 3D by Anuman ini memungkinkan Anda membuat, memperbarui, mendekorasi, dan menyesuaikan ruang virtual di rumah Anda. Lebih keren lagi, seperti yang yang telah disebutkan dalam aplikasi, adalah tampilan 3D yang dapat dibagikan dengan perangkat dan platform lain. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan secara offline, sehingga anda dapat menggunakan aplikasi ini meskipun tanpa ada koneksi internet.

3. Planner 5D: Design Your Home

Planner 5D-Design Your Home
Sumber Gambar Screensot Play Store

Aplikasi Planner 5D: Design Your Home ini memiliki banyak fitur 2D dan 3D baik untuk eksterior maupun interior. Aplikasi ini juga mempunyai Tampilan yang realistis dan fitur editor memungkinkan pengguna membuat rumah impianmu tanpa batas. Ada juga katalog inspirasi yang bisa Anda gunakan secara online maupun offline. Planner 5D: Design Your Home juga bisa dibilang rmudah untuk digunakan.

4. Floor Plan Creator

Aplikasi desain rumah Floor Plan Creator
Sumber Gambar Screensot Play Store

Ingin desain rumah yang detail dan akurat? Coba aplikasi Denah Lantai untuk rumah Anda. Floor Plan Creator ini bisa ditampilkan dalam 2D atau 3D. Plus, aplikasi desain rumah ini menawarkan nuansa realistis dan profesional.

Aplikasi desain denah rumah memiliki banyak fitur menarik, mulai dari mendesain bangunan bertingkat dengan berbagai bentuk hingga secara otomatis menghitung jumlah ruangan, dinding, dan luas. Selain itu, terdapat fungsi virtual tour view yang memudahkan untuk membuat desain menggunakan simbol.

5. MagicPlan

aplikasi desain rumah MagicPlan
Sumber Gambar Screensot Play Store

Aplikasi Magicplan ini adalah aplikasi yang menggunakan metode scan kamera  sehingga memudahkan pengguna untuk menuangkan idenya. Aplikasi desain rumah Magicplan kemudian akan disertakan dalam rencana desain baru Anda.

Hasil scan ini dapat disimpan dalam format jpg, pdf, png, csv dan format lainnya sesuai keinginan pengguna. Plus, Anda dapat menambahkan hingga 1000 elemen tambahan ke denah lantai Anda, lalu mengaturnya dengan mudah. Aplikasi ini juga bisa terhubung dengan aplikasi Excel, AutoCAD, dan Chief Architect.

Baca Juga :

Tips Memilih Aplikasi Desain Rumah

Lima aplikasi diatas akan sangat membantu anda dalam merencanakan dan memvisualisasikan ide – ide  yang anda miliki. Namun ada beberapa faktor yang harus anda pertimbangkan sebelum mendesain rumah impian anda. Berikut ini adalah beberapa tips dalam mendesain rumah impian dengan aplikasi.

Fungsionalitas : Pastikan anda mendesain sesuai dengan kebutuhan dan gunakan fitur yang sesuai di dalam aplikasi. Pastikan aplikasi dapat digunakan untuk merancang dan memvisualisasikan ide anda dengan tepat.

Antarmuka pengguna : Antarmuka pengguna atau user interface adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam memiliki aplikasi home design. Sebaiknya anda memilih aplikasi yang mudah digunakan menurut anda agar anda tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi tersebut.

Dukungan teknis : Dukungan teknis yang memadai sangatlah penting. Tanpa dukungan teknis yang memadai anda akan mengalami kesulitan ketika terjadi permasalahan di aplikasi. Jangan ragu untuk mencari tau lebih mendalam tentang reputasi aplikasi yang akan anda gunakan sebelum memutuskan untuk menggunakanya.

Biaya : Pastikan Anda memperhitungkan biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan aplikasi desain rumah tersebut. Beberapa aplikasi mungkin memerlukan biaya langganan bulanan atau tahunan, sedangkan yang lain mungkin memerlukan biaya satu kali. Pastikan Anda memilih aplikasi yang sesuai dengan budget Anda.

Akhir Kata

Aplikasi diatas akan sangat membantu anda ketika akan merenovasi ataupun membuat rumah, namun jangan sampai lupakan tips – tips diatas agar lebih efektif. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda dalam menentukan pilihan.

Leave a Comment