sumber : freepik.com

Apa Saja Fitur dan Fungsi Aplikasi Keluarga Sehat?

Aplikasi Keluarga Sehat, untuk apa? Pertanyaan ini tentu akan membuat khawatir bagi Anda yang belum mengetahuinya. Aplikasi ini sebenarnya merupakan bentuk bantuan teknologi informasi dalam pendataan keluarga sehat.

Aplikasi ini digunakan untuk memasukkan data dan melihat status bar pendataan dan indeks keluarga sehat. Aplikasi ini diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam versi mobile Android.

Aplikasi ini memungkinkan Kementerian Kesehatan untuk mengumpulkan data keluarga sehat tanpa harus berkunjung ke rumah. Aplikasi ini ditujukan untuk surveyor yang mengumpulkan data langsung di tempat pengumpulan data, terlepas dari apakah ada koneksi internet.

sumber : freepik.com

Kementerian Kesehatan sebelumnya memiliki pusat tersebut, yang dapat diakses di www.familysehat.kemkes.go.id. Aplikasi ini dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan.

Nah, aplikasi keluarga sehat ini bisa didapatkan dari https://familysehat.kemkes.go.id. Dimana, akses pengguna aplikasi berdasarkan level yaitu pusat, provinsi, kabupaten atau kota, puskesmas.

Jenis pengguna di pushmask (admin, supervisor pushmask, supervisor, dan inspektur/pengumpul data).

Baca Juga : Penting! Ini Daftar Aktivitas Yang Wajib Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi

Apa saja fitur dari aplikasi Keluarga Sehat?

Jika di atas adalah penjelasannya, Anda pasti penasaran dengan fitur apa saja yang dimiliki aplikasi ini.

Dikutip dari situs resminya, ada sejumlah fitur yang bisa digunakan untuk aplikasi ini.

Fungsi Pertama, Fitur ini hanya untuk administrator pusat dan merupakan pengelolaan tahunan laporan data survei untuk semua pengguna.

Kedua, alih fungsi ruang kerja. Fungsi ini digunakan untuk mentransfer data keluarga di desa/kelurahan Kelurakhan dari Puskesmas sumber ke Puskesmas sasaran, yang hanya digunakan oleh pengurus pusat.

Ketiga, fungsi tempat kerja. Fitur ini digunakan khusus untuk Admin PKM. Digunakan untuk memetakan desa/Kelurakhan di wilayah kerja Puskesmas dengan memasukkan atau mendaftarkan wilayah kerja untuk setiap desa/Kelurakhan dalam satu atau lebih kecamatan.

Keempat, fungsi “pilar warga negara”. Fitur ini khusus digunakan oleh pengurus PKM untuk masuk atau mendaftar RW dan RT sesuai wilayah kerja desa/Kelurakhannya.

Jika ada wilayah yang tidak memiliki RW atau RT, setiap puskesmas harus menginventarisasi wilayah tersebut dan kemudian diberi nomor secara mandiri.

Kelima, karakteristik sasaran daerah. Fungsi sasaran wilayah digunakan oleh pengurus PKM untuk menentukan jumlah sasaran atau tugas pendataan di wilayah kerja Puskesmas berdasarkan jumlah keluarga sasaran di wilayah kerjanya per desa atau kelurahan.

Baca Juga : Curiga Dengan Pasangan? Pakai Aplikasi Sadap Wa Android Gratis

Keenam, fungsi sasaran surveyor. Fitur ini digunakan oleh administrator PKM untuk menentukan tujuan kinerja polling. Tujuan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran dan rasa tanggung jawab surveyor terhadap data keluarga yang menjadi tanggung jawabnya.

Ketujuh, fungsi pemantauan kawasan. Fungsi pengawasan wilayah digunakan untuk memantau kinerja pemeriksa dan pemeriksa dengan membandingkan tujuan atau sasaran yang telah ditetapkan dengan pelaksanaan data keluarga yang dimasukkan oleh pengurus PKM.

Kedelapan, fungsi sentakan IKS adalah fungsi untuk menampilkan Indeks Keluarga Sehat (IKS) berdasarkan rentang operasi jogging untuk setiap indikator.

Kesembilan, fungsi tab silang. Fitur ini dapat digunakan untuk menganalisis data menggunakan data mentah yang diunggah melalui akun administrator PKM untuk diproses secara independen dan diunggah kembali ke aplikasi. Selain itu, data disesuaikan dalam bentuk tabulasi silang untuk analisis data, atau dalam bentuk tabel, grafik, dll.

Aplikasi Keluarga Sehat yang diluncurkan Kementerian Kesehatan merupakan salah satu upaya untuk mensukseskan program Indonesia Sehat. Sekarang setelah Anda mengetahui cara kerja aplikasi dan cara menjadi anggota, coba gunakan aplikasi sesuai kebutuhan Anda.

Untuk melakukannya, unduh aplikasi Keluarga Sehat dengan cepat di ponsel cerdas Anda untuk berbagi informasi tentang aplikasi dengan mudah kepada anggota keluarga atau teman terdekat Anda.

Kata Kunci : Aplikasi Keluarga Sehat Jateng - Aplikasi Keluarga Sehat Offline - Aplikasi Keluarga Sehat Pis-pk - Aplikasi Keluarga Sehat Sulawesi Selatan - Aplikasi Keluarga Sehat Sumut - Aplikasi Keluarga Sehat Terbaru 2021 - Download Aplikasi Keluarga Sehat Untuk Pc - Login Aplikasi Keluarga Sehat -