Dihujat Netijen Gara-gara Pakai Suara Azan yang Diremix untuk Acara TV, Mnet Minta Maaf

Saluran TV Korea Selatan Mnet telah dikritik oleh netizen karena perampasan budaya untuk remix suara azan untuk suara latar belakang acara survival Street Woman Fighter.

Setelah adaptasi MEAWW pada Kamis (9/9/2021), episode pertama acara ini tidak tersedia di banyak platform, sehingga pemutaran perdana berjalan lancar.

Namun disaat acara tersebut tersedia di platform gratis dan jumlah penonton meningkat terus menerus, penonton baru sadar bahwa adzan sedang dimainkan untuk suara latar.

Pratinjau teaser menunjukkan Kang Daniel berjalan di antara para anggota sebagai pembawa acara, dengan remix dari azan yang terdengar di latar belakang selama hampir satu menit.

Banyak orang mulai menyalahkan Mnet di Twitter dan tagar #Mnetapologize menjadi tren. Netizen Muslim telah berkumpul untuk memaksa Mnet bertanggung jawab atas tindakan mereka.

Di bawah tekanan, Mnet akhirnya meminta maaf di akun Instagramnya @mnet_dance.

“Pemerisa yang kami hormati, atas nama grup produksi Mnet Street Woman Fighter, kami dengan tulus hati meminta maaf atas soundtrack yang digunakan dalam pembukaan episode pertama Street Woman Fighter.”

“Lagu yang dimainkan tersebut adalah soundtrack elektronik yang resmi terdaftar di situs streaming resmi,” tulisnya.

Mereka juga beralasan bahwa musik remix ini cocok sebagai musik latar untuk sebuah acara yang mengusung konsep acara tari perempuan.

“Pemirsa yang terhormat. mewakili grup produksi Mnet Street Woman Fighter, kami dengan tulus hati meminta maaf atas soundtrack yang digunakan dalam pembukaan episode pertama Street Woman Fighter.”

Mnet kemudian menjelaskan, “Lagu tersebut merupakan soundtrack elektronik yang terdaftar di situs streaming resmi. Tim produksi meyakini bahwa musik elektronik dari lagu tersebut sangat cocok untuk dijadikan musik latar untuk sebuah program. Kami tidak punya niat lain.”

Meskipu  begitu, Mnet tetap akan mengunggah video untuk episode pertama Street Woman Fighter. Rupanya Mnet akan mengunduhnya setelah perubahan pertama pada musik latar, yang sebelumnya dianggap sebagai adzan.

“Kami atas nama Mnet dengan tulus meminta maaf atas ketidaknyamanan yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh kemampuan menghafal sajak tertentu. Mempertimbangkan kritik Anda, video akan diunggah ulang setelah mengubah musik latar, ”tulis Mnet di Instagram @mnet_dance.

Mnet kemudian menutup permintaan maafnya: “Mnet akan terus mendengarkan pemirsa dari seluruh dunia. Kami menghargai permintaan Anda untuk Mnet Street Women Fighter.”

Meski Mnet telah mengunggah permintaan maaf dan klarifikasi, namun masih banyak netizen yang mengisi kolom komentar di Instagram dengan kemarahan atas tindakan Mnet yang dianggap lalai dan menyinggung terkait agama.
Baca Juga: Free Advance Server Fair Telah Dibuka, Ini Hadiah Yang Bisa Kamu Dapatkan!

“Lakukan pekerjaanmu dengan benar,” tulis seorang netizen bernama @fqnadaa.

“Jangan pernah lakukan itu lagi.” tulis nama akun @bilqisvys_

Banyak netizen berharap Mnet tidak mengulangi kesalahan yang sama dan lebih berhati-hati.

Kata Kunci : Hypera Live Mnet - Mnet - Mnet Channel - Mnet Fiber - Mnet Fiber Bandung - Mnet Live Stream Road To Kingdom - Mnet Live Streaming - Mnet Live Streaming Youtube - Nonton Kingdom Mnet Sub Indo - Streaming Mnet - Suara Adzan -