Begini cara daftar Kartu Prakerja gelombang 20 di Prakerja.go.id, Jangan Sampai Gagal

Kesempatan untuk mengikuti program Kartu Prakerja kembali terbuka. Berikut cara mengajukan kartu prakerja untuk meningkatkan keterampilan Anda di berbagai bidang.

Kartu Prakerja merupakan program pemerintah yang ditujukan untuk meningkatkan keterampilan pekerja, khususnya lulusan atau pekerja yang diberhentikan. Kali ini program Kartu Prakerja sudah memasuki gelombang ke-20.

Cara daftar program Kartu Prakerja ke-20 mudah dilakukan dengan handphone (HP). Berikut cara daftar Kartu Prakerja ke-20 di https://www.prakerja.go.id.

Pedoman Pelaksanaan Program Kartu Prakerja (PMO) menyebutkan, pendaftaran Kartu Prakerja angkatan ke-20 telah dibuka hari ini, Kamis (9 September). “Hari ini pukul 12.00 WIB kami akan membuka pendaftaran untuk angkatan 20 dengan kuota 800.000 (penerima),” kata Manajer Komunikasi Kartu Prakerja PMO Luisa Tuhatu kepada wartawan, Kamis (9 September).

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Kartu Prakerja Denny Pushpa Purbasari mengatakan pembukaan program Kartu Prakerja ini merupakan bagian dari upaya pemerintah membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Alokasi anggaran untuk program pra-rekrutmen pada semester II tahun 2021 sebesar Rp 10 triliun. “Dengan alokasi anggaran pada semester 2 tahun 2021, Program Kartu Prakerja akan mampu memberikan bantuan kepada sedikitnya 2,8 juta penerima yang terbagi dalam beberapa gelombang pendaftaran,” kata Denny dalam keterangan tertulis, Senin (16 Agustus). …

Seperti sebelumnya, kuota dalam program “Kartu Prakerja ke-20” adalah 800.000 orang. Pendaftaran Kartu Prakerja ke-20 hanya dapat dilakukan di www.prakerja.go.id.

Selain tautan ini, Anda dapat memastikan bahwa itu palsu atau palsu, meskipun tertulis atas nama kartu pra-kerja. Peserta yang sebelumnya mendaftar seleksi gelombang dan tidak lulus dapat berlangganan kembali tanpa harus mengulang proses pendaftaran dari awal.

Cara Mendaftar Kartu Prakerja 20

Sebelum mendaftar program Kartu Prakerja ke-20, pastikan Anda sudah memiliki akun Kartu Prakerja. Berikut cara membuat akun sebelum merekrut:

  1. Jika belum memiliki akun Kartu Prakerja, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun Kartu Prakerja di https://www.prakerja.go.id.
  2. Pendaftar akan diminta untuk memasukkan alamat email, membuat kata sandi minimal 6 karakter, dan mengonfirmasi kata sandi (masukkan kembali kata sandi).
  3. Kemudian periksa pernyataan di bawahnya dan klik “Buat Akun”.
  4. Nantinya, pendaftar akan menerima konfirmasi akun ke alamat email yang didaftarkan.
  5. Buka email dan konfirmasikan dengan mengklik tautan yang dikirim melalui email. Akun Kartu Pra Kerja juga telah diaktifkan.

Cara mendaftar Kartu Prakerja ke-20 jika sudah memiliki akun prakerja:

Bagi yang sudah memiliki akun dan terdaftar, cukup masuk ke laman https://www.prakerja.go.id/ menggunakan alamat email dan kata sandi.

  1. Kemudian klik Gabung untuk mengikuti pemilihan Kartu Prakerja.
  2. Setelah berhasil membuat akun dan masuk ke akun Kartu Prakerja, pelamar diminta untuk memverifikasi ID, nomor NIK, nomor KK dan tanggal lahir mereka. Kemudian klik Berikutnya.
  3. Jika ada kolom yang salah, pendaftar diminta untuk mengisinya kembali.
  4. Kemudian isi data pribadi Anda dan unggah foto ID Anda. Bagian ini diisi dengan data sebagai berikut: alamat email, nama lengkap, alamat sesuai KTP, provinsi, kabupaten, kecamatan, alamat tempat tinggal saat ini, jenis kelamin, pendidikan terakhir yang diselesaikan, status perkawinan, jumlah tanggungan, status pekerjaan, pelatihan. topik yang ingin Anda ikuti.
  5. Setelah selesai, unggah foto atau gambar pindaian ID Anda di sudut kanan bawah dan klik di kolom kiri bawah yang berisi: “Saya bersedia mengisi semua detail yang diperlukan dengan jujur.” Kemudian klik “Lanjutkan”.
  6. Proses selanjutnya adalah verifikasi nomor ponsel. Terdaftar akan dikirimi pesan SMS dengan kode OTP ke nomor yang terdaftar.
  7. Setelah mengisi kode OTP, klik “Kirim”. Langkah berikutnya
  8. sedang mengisi sertifikat pemohon: “Apakah Anda saat ini menganggur?” Isi, lalu klik OK.
    Tes dasar motivasi dan kemampuan

Tes ini merupakan bagian dari proses pendaftaran Kartu Prakerja. Tujuannya adalah untuk mengenali kompetensi dan potensi yang ada. Alat gambar seperti kertas, pensil/pena diperbolehkan untuk menyelesaikan masalah.

Klik “Mulai Tes Sekarang” untuk mengikuti tes. Setelah menyelesaikan tes, hasil tes akan dievaluasi. Penilaian biasanya memakan waktu maksimal 5 menit. Jika 5 menit telah berlalu tetapi tidak ada yang berubah, klik tombol Refresh.

Berikut cara mendaftar program 20 Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id. Seperti diketahui, anggota Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 3,55 juta. Dalam rincian, dana pelatihan sama dengan Rp 1 juta, insentif pasca-kelulusan sebesar Rs 600.000 per bulan selama 4 bulan dan pembayaran insentif sebesar Rp 50.000 untuk tiga survei.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020, dijelaskan bahwa jika penerima kartu prakerja tidak memilih untuk belajar dalam waktu 30 hari, peserta kartu prakerja akan ditarik.

Semoga Anda melewati pre-map dan pelatihan ke-20 untuk meningkatkan keterampilan Anda di dunia kerja / bisnis.

 

Kata Kunci : Cara Daftar Kartu Prakerja - Kartu Pra Kerja - Kartu Pra Kerja.go.id - Kartu Prakerja Gelombang 17 - Kartu Prakerja Gelombang 18 - Kartu Prakerja Gelombang 18 Kapan Dibuka - Kartu Prakerja Gelombang 19 - Kartu Prakerja Gelombang 20 -