4 Langkah Singkat Cara Beli Pasar Saham untuk Pemula

4 Langkah Singkat Cara Beli Pasar Saham untuk Pemula – Investasi dalam bentuk saham kini sudah menjadi hal yang lumrah bagi masyarakat, termasuk anak muda. Karena kondisi pasar saham indonesia saat ini menjadikan jual beli saham jadi lebih mudah dan bisa dilakukan secara online. Bagi investor pemula, sebaiknya perhatikan cara main pasar saham berikut ini.

Kebanyakan orang membeli saham untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik di masa depan dengan berinvestasi. Juga, investasi saham dapat digunakan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Meskipun investasi saham menjanjikan imbal hasil atau return yang besar, namun memiliki risiko yang paling tinggi dibandingkan dengan investasi pasar modal lainnya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi seseorang untuk berhati-hati ketika memilih saham untuk investasi jangka panjang. Pasalnya, jumlah investor yang gagal karena tidak memperhatikan cara beli saham untuk pemula yang tepat tidak sedikit.

Namun bagi yang ingin membeli saham jangan khawatir, karena teknowarta.com telah menuliskan tata cara pembelian saham bagi pemula berikut ini.

1. Tentukan Perusahaan Sekuritas

Sebelum membeli saham, Anda harus menentukan perusahaan sekuritas yang akan digunakan. Perusahaan efek bertindak sebagai perantara dalam perdagangan saham dan membantu pembukaan rekening efek di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Cara memilih perusahaan efek dapat dilakukan dengan memilih perusahaan efek yang terdaftar di BEI. Selain itu, pastikan proses top up dan withdraw mudah.

2. Pembukaan Rekening Dana Nasabah (RDN)

Cara beli saham pemula selanjutnya adalah dengan membuka rekening RDN atau dana klien. Pembukaan RDN atas nama investor akan disponsori oleh perusahaan sekuritas yang Anda pilih.

Pendaftaran RDN kini dapat dilakukan secara online dengan menyiapkan persyaratan seperti KTP, NPWP (jika ada), halaman depan atau sampul buku tabungan kemudian mengisi formulir yang tersedia.

3. Pemilihan Saham untuk Dibeli

Setelah RDN tersedia, Anda juga harus mengaktifkan akun di cara main pasar saham. Aplikasi perdagangan berfungsi sebagai alat untuk perdagangan atau pusat informasi pasar saham.

Jika Anda telah melakukan semua langkah di atas, Anda dapat memilih saham yang akan dibeli. Langkah ini adalah yang paling penting karena akan menentukan jumlah investasi Anda ke depan.

Sebelum memilih saham, Anda bisa melihat faktor-faktor seperti kinerja perusahaan dan prospek produknya ke depan. Jika Anda merasa kesulitan, Anda dapat mencari masukan dari perusahaan sekuritas pilihan Anda.

Jika Anda sudah menentukan saham yang akan dibeli, Anda bisa membeli saham melalui perusahaan pialang atau membeli sendiri melalui aplikasi perdagangan saham online. Secara umum, perusahaan sekuritas yang baik sudah memiliki sistem perdagangan sendiri, yang dapat diunduh di ponsel.

4. Lakukan Pemantauan Pasar

Kondisi pasar saham indonesia saat ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kondisi ekonomi, politik, keamanan dan banyak faktor lainnya.

Itulah mengapa penting untuk melacak stok secara teratur. Dari hasil pantauan, Anda akan mengetahui naik turunnya harga saham, dari sini Anda bisa mengetahui waktu yang tepat untuk membeli dan menjual saham serta mendapatkan keuntungan.

Inilah 4 Langkah Singkat Cara Beli Pasar Saham untuk Pemula yang perlu Anda ketahui, terutama bagi investor pemula. Semoga berhasil!

Leave a Comment